Selasa 10 Januari 2023, 11:30 WIB

Kunjungan Pasien Non Covid Bertumbuh, Kinerja Silo Meningkat

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Kunjungan Pasien Non Covid Bertumbuh, Kinerja Silo Meningkat

Antara/Didik Suhartono
Petugas merapikah kamar perawatan di RS Siloam.

 

Analis PT Samuel Sekuritas Indonesia, Jonathan Guyadi dalam risetnya pada November 2022  mencatat bahwa kinerja emiten rumah sakit terimbas penurunan pasien Covid-19. 

Namun demikian, jumlah kunjungan pasien non-Covid semakin bertumbuh. Salah satunya adalah RS Siloam yang bernaung di bawah PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor kesehatan.  

RS Siloam mencatat jumlah Inpatient Days dan Jumlah Pasien Rawat Jalan tertinggi pada Kuartal III/2022, dibandingkan dengan 10 kuartal sebelumnya. Inpatient Days pada 9 bulan 2022 meningkat 8,3 persen menjadi 587.617 hari dibandingkan dengan 542.772 hari pada 9 bulan 2021. Per September 2022, SILO juga telah melayani lebih dari 2,2 juta pasien rawat jalan, meningkat 32,2 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.  

Jonathan menambahkan bahwa angka-angka tersebut mencerminkan pemulihan minat masyarakat dalam pemeriksaan kesehatan di rumah sakit setelah pandemi atau dengan kata lain sebelumnya banyak memilih untuk menghindari rumah sakit selama pandemi karena takut tertular Covid-19. 

Di saat yang sama, kembalinya pasien non Covid-19 ke rumah sakit juga menyebabkan perubahan kebutuhan penanganan pasien, dengan meningkatnya permintaan untuk pengobatan kasus yang lebih kompleks, seperti urologi, neurologi, kardiologi, onkologi, dan lainnya.

Seperti diketahui, per Kuartal III/2022, SILO membukukan pendapatan sebesar Rp5,4 triliun, dengan EBITDA Rp1,4 triliun dan laba bersih Rp457 miliar. Kinerja SILO ini tentu saja berimbas positif terhadap induk usahanya LPKR yang merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 58,05 persen.

Komisaris Utama SILO sekaligus Group CEO LPKR John Riady mengatakan LPKR melalui SILO berkomitmen untuk terus mengembangkan industri kesehatan di Indonesia. Terlebih lagi, perekonomian diperkirakan semakin bertumbuh dan kebutuhan akan fasilitas kesehatan semakin tinggi. 

"LPKR melalui SILO akan terus melanjutkan ekspansi. Kami memiliki misi untuk memenuhi kebutuhan healthcare di Indonesia, dan tentunya berkomitmen untuk terus bertumbuh," tegasnya. (RO/E-1)

Baca Juga

Antara

Jokowi Sebut Alasan Geografis jadi Penyebab Kelangkaan Pangan

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 09 Februari 2023, 20:29 WIB
"Negara ini kan geografisnya bukan geografis yang mudah. Ada 514 kabupaten/kota. Ada 17 ribu pulau. Masalah distribusi yang kadang...
Dokumentasi pribadi.

Startup Asa Ren Raih Dana Tahap Awal US$8,15 Juta

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 20:21 WIB
Asa Ren, startup data DNA di Indonesia, mengumumkan pendanaan baru tahap awal sebesar US$8,15...
Antara

Bappenas: Pertumbuhan Ekonomi RI belum Maksimalkan Potensi

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 09 Februari 2023, 20:15 WIB
Menurut Menteri PPN/Kepala Bappenas, Indonesia belum mampu mengulang pertumbuhan ekonomi pada zaman Orde Baru, yang mampu mencapai 7-8%...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya