Rabu 09 November 2022, 21:03 WIB

Cara Berhenti Langganan Indihome dan Besaran Biaya

Meilani Teniwut | Ekonomi
Cara Berhenti Langganan Indihome dan Besaran Biaya

MI.
Gedung Telkom, Grapari, Indihome.

 


SEBAGAI pelanggan Indihome, mungkin kalian pernah mengalami beberapa masalah dalam penggunaannya. Tidak mengherankan, beberapa pengguna memutuskan untuk berhenti berlangganan. 

Cara untuk berhenti berlangganan sangatlah banyak. Namun di balik keputusan tersebut ada pula besaran biaya yang ditanggung. Lantas seperti apa cara berhenti berlangganan Indihome dan berapa besar biayanya? Berikut penjelasannya. 

Cara berhenti langganan IndiHome via Plasa Telkom

Jika rumahmu dekat dengan Plasa Telkom, disarankan untuk langsung mengunjunginya. Cara berhenti langganan IndiHome offline ini memiliki banyak keuntungan, salah satunya kamu bisa mendapatkan informasi secara penuh.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan respons secara langsung ketika datang ke Plasa Telkom dengan cepat. Pastikan terlebih dahulu jam buka dari Plasa Telkom yang kamu datangi. Jangan sampai kamu datang di luar dari jam kerja mereka.

Perlu diketahui bahwa Plasa Telkom IndiHome berbeda dengan Grapari Telkomsel, meskipun memang sama sama milik PT Telkom Indonesia. Kamu perlu menyiapkan semua syarat yang dibutuhkan untuk pengajuan berhenti langganan layanan IndiHome. Berikut syaratnya.

a. Menuliskan nomor tagihan IndiHome.
b. Mengisi formulir pengajuan pemberhentian.
c. Menulis alasan ingin berhenti langganan IndiHome.
d. Memberikan fotokopi KTP dan KK atas nama pelanggan IndiHome.
e. Materai untuk memastikan bukti kuat informasi bahwa kamu sudah berhenti berlangganan IndiHome.
f. Bawa modem/router, STB/decoder, colokan modem ke listrik, atau alat lainnya yang memang masih wajar untuk dibawa.

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk melunasi tagihan bulanan IndiHome yang belum terbayarkan apabila ada. Kemudian kamu juga perlu mengembalikan perangkat IndiHome kepada Telkom.

Cara stop langganan IndiHome via IndiHome Call Center 147

Cara berhenti langganan IndiHome online paling mudah dengan menghubungi contact center IndiHome di nomor 147. Sebelum menelepon Contact Center IndiHome 147, pastikan pulsa kamu mencukupi. Ini karena telepon dikenakan biaya sebesar Rp1.000 per menit.

Berikut cara stop langganan internet IndiHome melalui 147.

1. Tekan dial 147 pada HP.
2. Tunggu sampai ada sapaan selamat datang di 147.
3. Tekan 1 untuk Bahasa Indonesia, tekan 2 untuk Bahasa Inggris
4. Tekan angka 2 untuk masalah IndiHome.
5. Tekan angka 1 untuk pelanggan Indihome.
6. Tunggu sampai Operator menyapa kamu.
7. Jelaskan keluhan indihome yang kamu alami.
8. Sebutkan nomor ID pelanggan ke petugas.
9. Tunggu hingga proses selesai.

Apabila permintaan diproses, kamu perlu melunasi tagihan bulanan dari layanan IndiHome milikmu. Jadi sebelum berhenti langganan, cek tagihan bulanan IndiHome milikmu dulu, ya.

Cara berhenti langganan IndiHome via Twitter

Cara ini cocok banget buat kamu yang aktif pakai media sosial. Kamu bisa menghubungi pihak Customer Service TelkomCare melalui akun Twitter @indihome. Jangan khawatir, layanan media sosial Twitter terbuka selama 24 jam, lo!

Caranya mudah. Kamu tinggal menuliskan tweet atau direct message (DM) ke akun Twitter @indihome yang berisi keinginan untuk berhenti langganan IndiHome. Selanjutnya, pihak CS TelkomCare akan menghubungi kamu kembali melalui Direct Message Twitter. Kamu perlu memberikan alasan ingin berhenti langganan IndiHome.

Kamu juga bisa menambahkan informasi tentang FUP yang terpakai selama berlangganan. Jadi, kamu harus cek FUP IndiHome dan menyertakannya pada alasan.

Kemudian lampirkan persyaratan berupa nomor HP aktif, alamat email, foto KTP, dan Kartu Keluarga. Lalu, tunggu proses validasi data dari pihak IndiHome. Apabila proses validasi sudah selesai, kamu akan diminta melunasi tunggakan tagihan bulanan.

Cara berhenti langganan IndiHome via Facebook

Selain dari Twitter, buat kamu pengguna aktif FB, bisa menghubungi CS IndiHome melalui Fanspage Facebook. Buka fanpage IndiHome, lalu kirim pesan pada pihak CS TelkomCare dengan menyatakan keinginan untuk berhenti langganan IndiHome. Jangan lupa sertakan juga alasannya, ya!

Apabila sudah mendapat respons dari pihak CS TelkomCare, kamu akan diminta berkas dan data yang sama seperti di Twitter, yakni nomor HP aktif, alamat email, foto KTP, dan Kartu Keluarga. Setelah proses validasi data selesai, nantinya kamu akan diminta membayar tunggakan tagihan bulanan. Selain itu, kamu akan diminta untuk mengembalikan perangkat IndiHome kepada Telkom.

Cara berhenti langganan IndiHome via MyIndiHome

Jika kamu enggak ingin repot mendatangi Plasa Telkom, mengeluarkan pulsa untuk telepon, dan menunggu respons CS TelkomCare di media sosia, kamu bisa menggunakan aplikasi MyIndiHome. Berikut cara berhenti langganan IndiHome menggunakan aplikasi MyIndiHome.

1. Download dan buka aplikasi MyIndiHome.
2. Login akun IndiHome dengan email atau nomor telepon yang telah terdaftar.
3. Pada tampilan Homepage, muncul jumlah tagihan dan paket internet yang kamu gunakan.
4. Klik menu Bantuan > Pilih opsi Indita.
5. Mulai chat permintaan berhenti langganan layanan IndiHome.
6. Tunggu respons dari Indita, lalu ikuti syarat dan ketentuannya.

Melalui aplikasi ini kamu juga bisa mengirimkan laporan gangguan, agar pihak Telkom bergerak untuk mengatasi gangguan IndiHome di tempatmu.

Berdasarkan kententuan Indihome, Pelanggan akan dikenakan denda pengakhiran sebesar Rp1 juta sesuai dengan ketentuan dalam syarat dan ketentuan. Bila pelanggan memutuskan untuk berhenti berlangganan layanan IndiHome atau kontrak berlangganan berakhir karena kesalahan pelanggan, dalam waktu 12 bulan pertama setelah layanan IndiHome putus akan berstatus completed nonaktif. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Paradigma Baru Kepemimpinan Indonesia di Ekonomi Global

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 20:30 WIB
Wamenkeu Suahasil Nazara membuka seminar dengan mengkilas balik kondisi sosial ekonomi Indonesia pada awal pandemi tahun 2020, saat...
dok.ant

Publik Puas Kerja Erick Thohir, Akademisi UIN Sumut: BUMN Berkinerja Luar Biasa

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 20:09 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir mendapat penilaian luar biasa dari publik.  Dari temuan survey Poltracking Indonesia, publik sangat puas...
Ist

Bidik Konsumen Milenial, Frank & Co Dukung Festival Musik HITC 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 20:00 WIB
Frank & co turut meramaikan festival musik Jakarta Head in the Clouds (HITC) 2022 yang merupakan hasil besutan label rekaman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya