Rabu 27 Juli 2022, 20:42 WIB

OVO dan BRI Bantu Gen Z Rencanakan Prioritas Keuangan dengan Bijak

mediaindonesia.com | Ekonomi
OVO dan BRI Bantu Gen Z Rencanakan Prioritas Keuangan dengan Bijak

Ist
Gandeng BRI, OVO telah menluncurkan kartu kredit OVO U Card dengan target kalangan milenial dan gen Z.

 

GENERASI muda kerap melakukan self-reward sebagai bentuk apresiasi diri atas pencapaian yang berhasil diraih

Self-reward bisa dari yang sederhana hingga terkadang bisa memicu pembelian impulsif yang tidak terkontrol dan tidak seimbang dengan gaya hidup yang dimiliki.

Dalam mendorong generasi milenial maupun gen z untuk mengelola keuangannya secara mandiri, OVO bersama BRI menghadirkan OVO U Card sebagai pilihan kartu kredit yang tepat untuk merencanakan prioritas keuangan dengan bijak.

Hasil survei yang dilakukan Brilio.net bersama JakPat Mobile Survey menyebutkan, mayoritas milenial Indonesia sebesar 59%, khususnya kelas menengah ke atas lebih menyukai transaksi non-tunai, termasuk kartu kredit.

Sebanyak  63% milenial mengakui kebutuhan mereka akan kartu kredit.

Namun sebagian dari kalangan milenial juga menyebutkan kesulitan dalam mendapatkan akses.

Menanggapi hal ini, Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra mengungkapkan, “Menjawab permintaan generasi milenial akan kemudahan akses dalam mengajukan aplikasi kartu kredit, OVO U Card memberikan proses pengajuan hingga pengelolaan riwayat transaksi yang prosesnya 100% digital, langsung dari aplikasi OVO.”

Baca juga: Ini Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak Ala Tarra Budiman

“Gaya hidup kalangan muda yang kian kompleks memunculkan berbagai kebutuhan, termasuk dalam menentukan dan mengatur budget untuk pengeluaran," kata Karaniya.

 OVO percaya hadirnya, menurut Karaniya, OVO U Card sangat tepat dalam menjawab kebutuhan generasi milenial dan gen z.

"Terbukti, hanya dalam 6 bulan sejak peluncurannya, sudah ada lebih dari 200 ribu pengguna yang mengajukan kartu kredit OVO U Card,” tutupnya.

Psikolog Ayank Irma menambahkan, “Ketika mau memberikan reward untuk diri sendiri, baiknya perlu pemikiran matang apakah masih masuk akal atau tidak, masuk budget atau tidak."

" Karena, jika hanya karena takut ketinggalan tren, justru akan menimbulkan dampak buruk pada psikologis dan finansial seseorang.  Akibatnya menjadi stres dan cemas menghadapi situasi yang dihadapi," paparnya.

" Untungnya, produk OVO U Card ini mampu mengakomodir kebutuhan akan hal itu, di mana pengguna bebas kelola kartu kreditnya dan lihat histori transaksi langsung dari aplikasi OVO secara real-time, sehingga lebih mudah untuk dilacak dan diatur,” paparnya.

Lolita Setyawati, Financial Planner mengungkapkan, “Untuk self reward berupa materi akan lebih baik jika dibayar secara tunai. "

"Jika kondisinya lebih nyaman membayar dengan kartu kredit atau mungkin ingin memanfaatkan promo yang sedang ditawarkan oleh kartu kredit yang dimiliki, sah-sah saja asalkan yakin bahwa hutang kartu kredit tersebut dapat segera dilunasi saat tagihan datang," katanya.

Tips gunakan kartu kredit

Lolita juga menambahkan tips dalam menggunakan kartu kredit:

1. Batasi hanya untuk transaksi yang nilainya besar atau memang transaksi yang hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit.

2. Pilih kartu kredit dengan bunga yang relatif rendah dan gratis iuran tahunan.

3. Pilih kartu kredit dengan plafon yang sesuai kebutuhan. Plafon kredit yang terlalu tinggi akan membuat tergoda untuk belanja lebih banyak lagi.

4. Segera lunasi seluruh jumlah terhutang saat tagihan datang. Jangan hanya membayar tagihan minimum karena akan dikenakan bunga cukup tinggi atas sisa tagihan yang belum terbayar.

5. Manfaatkan promo kartu kredit secara bijak. Pastikan hanya untuk hal yang memang dibutuhkan.

Selain sebagai solusi pintar generasi milenial dalam mengatur keuangannya, kehadiran OVO U Card juga sebagai pelengkap pesatnya perkembangan pembayaran digital di Indonesia yang menawarkan banyak keuntungan.

Mulai dari gratis biaya iuran tahunan seumur hidup, Bebas ajukan cicilan 0% hingga 24 bulan, welcome bonus hingga 550 ribu OVO Points, dan berbagai promo menarik di platform seperti Grab, Traveloka, XXI, dan merchant lainnya untuk mendukung gaya hidup para pengguna.

Terakhir, pengguna jua bisa mendapatkan bonus OVO points tiap transaksi Rp100 ribu dan berlaku kelipatan. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok.ist

Minat Properti Tinggi, Akad Kredit Massal BNI dengan La Palma 3 Kali dalam 2 Bulan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:00 WIB
La Palma Grande menjadi unit proyek terpilih. Karenanya, BNI memberi berbagai kemudahan untuk konsumen La Palma Grande melalui progran...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Dosen UGM: Transformasi BUMN oleh Erick Thohir Dinilai Berhasil

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:07 WIB
Pertamina berhasil masuk 500 perusahaan terbesar dunia berdasarkan pendapatannya dalam satu tahun...
Dok. Pribadi

Mengenal Sosok Pencetus Ide Kreatif Iklan Brand Besar di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:18 WIB
Jessica Kartika merupakan founder dari JJ INDONESIA (Group) yang terdiri dari Whizzup Digital Indonesia, JJ Communications, JJ Promotion...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya