Jumat 20 Mei 2022, 08:55 WIB

Incar Investor, PLN Siap Listriki 1.000 MW di Kawasan Industri Mongondow

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Incar Investor, PLN Siap Listriki 1.000 MW di Kawasan Industri Mongondow

Antara/Indrianto Eko Suwarso
Ilustrasi

 

PT PLN (Persero) siap memenuhi kebutuhan listrik di Kawasan Industri Mongondow (Kimong), Sulawesi Utara, guna menarik investor menanamkan modalnya di wilayah tersebut.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo (UIW Suluttenggo) Leo Basuki menjelaskan, proyeksi kebutuhan daya listrik di kawasan tersebut mencapai 1.000 megawatt (MW).

Ketersediaan energi listrik akan dimulai dari proyek pembangunan hingga nanti sudah beroperasi penuh sesuai kebutuhan investor.

“Kami siap menyediakan kebutuhan listrik yang dibutuhkan dan kami menyediakan layanan Renewable Energy Certificate (REC), bagian dari kampanye energi baru terbarukan oleh PLN," ungkapnya dalam siaran pers, Jumat (20/5).

Basuki bersama pejabat daerah setempat mengunjungi lokasi rencana dibangunnya beberapa infrastruktur di Kawasan Industri Mongondow.

Dalam rangkaian kunjungan ini, PLN membawa investor yang ada untuk mengunjungi langsung infrastruktur kelistrikan PLN, yaitu Gardu Induk Lolak untuk meyakinkan investor bahwa pihaknya siap secara infrastruktur dalam mendorong percepatan investasi yang direncanakan.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu investor, Kentjana menyampaikan, dalam kawasan industri Kimong direncanakan pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian mineral atau smelter dengan jenis mineral aluminium.

Ia menyebut, kapasitas produksi tahap pertama diperkirakan hingga 500 ribu ton logam dengan investasi mencapai US$ 1 miliar.

Menurut Kentjana, jaminan keandalan pasokan listrik dari PLN meyakinkan pihak investor Kimong untuk mantap berinvestasi pada proyek yang bertujuan menjadikan Bolaang Mongondow sebagai salah satu kiblat industri di Indonesia.

“Kami harap di masa depan saat kami sudah turun berinvestasi, kami bisa kerja sama lebih lancar dan lebih lanjut dan menbantu perkembangan ekonomi," ujarnya. (OL-12)

 

Baca Juga

Antata

PUPR Salurkan 60.706 Unit Bantuan Rumah Swadaya

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:48 WIB
Pada 2022 Ditjen Perumahan PUPR mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp2,23 triliun untuk program...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Airlangga Sebut Kasus Harian Covid-19 Masih Level Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:00 WIB
Negara lain yang memiliki jumlah kasus harian cukup tinggi sampai 28 Juni 2022 adalah India dengan 14.529 kasus, Inggris dengan kasus...
Antara

OJK: Penghimpunan Dana di Pasar Modal Capai Rp102,9 Triliun

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:52 WIB
Hingga 24 Juni 2022, OJK mencatat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 1,5%, jika dibandingkan dengan akhir Mei 2022 (mtd) ke level...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya