Selasa 03 Mei 2022, 17:45 WIB

Dipanggil Kejagung, Mendag Diminta Kooperatif Bongkar Kasus Minyak Goreng

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Dipanggil Kejagung, Mendag Diminta Kooperatif Bongkar Kasus Minyak Goreng

MI/Widjajadi
Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman.

 

KOORDINATOR Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman merespons positif rencana pemanggilan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai saksi.

Ia berharap pemanggilan itu bisa membongkar lebih detail kasus dugaan korupsi pemberian izin ekspor crude palm oil (CPO) dan turunannya, termasuk minyak goreng yang menyeret anak buah Lutfi, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana. 

Baca juga: MAKI Sambut Baik Rencana Mendag Bakal Diperiksa Terkait Minyak Goreng

"MAKI menyambut gembira rencana pemanggilan Mendag ini. Mudah-mudahan Mendag memberikan data banyak agar Kejagung mampu mengungkap (kasus) lebih besar lagi," ujarnya kepada wartawan, Selasa (3/5).

Menurut Boyamin, kepentingan pemanggilan Lutfi ini penting dalam rangka mencari tahu secara rinci peristiwa kegiatan izin ekspor yang dianggap ilegal itu. 

Yang mana izin ekspor tiga perusahaan, yakni PT Pelita Agung Agrindustri, PT Wilmar Nabati Indonesia, dan PT Musim Mas dianggap tidak memenuhi syarat, sehingga tidak layak diberikan ekspor.

"Dari persoalan itu sebenarnya sejauh mana pengetahuan Mendag dalam kasus ekspor itu, karena dia kan yang bertanggungjawab selaku pimpinan tinggi di Kemendag," terang Boyamin. 

Ia menyebut, Mendag Lutfi berperan krusial dalam pengawasan sekaligus pemberi izin ekspor dan impor perdagangan di Tanah Air. 

MAKI pun meminta Mendag agar kooperatif untuk memenuhi pemanggilan Kejagung.

"Saya berharap Mendag segera hadir dam memberikan keterangan. Keterangan itu bisa memberatkan atau meringankan para tersangka," pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

Dok.SIG

SBI Raih Juara Pertama Investment Award 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:30 WIB
Investasi Pabrik Tuban dinilai perbaiki lingkungan, sosial, dan...
MI/USMAN ISKANDAR

Kondisi Politik akan Menentukan Geliat Ekonomi

👤Ficky Ramadhan 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:38 WIB
Para pengusaha ataupun investor juga akan melihat dari track record calon Presiden tersebut untuk menjadi pertimbangan bagi para investor...
ANTARA

Kepemimpinan Kuat Erick Thohir Sedot Investor Besar Dari Luar Negeri

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:23 WIB
BUAH kepemimpinan Erick Thohir tiga tahun menahkodai Kementerian BUMN menuai banyak hasil gemilang. Berkat kebijakan Erick Thohir, sejumlah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya