Rabu 13 April 2022, 13:23 WIB

Tangani Kemiskinan Ekstrem, PUPR Gulirkan Program PKT ke 212 Daerah

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Tangani Kemiskinan Ekstrem, PUPR Gulirkan Program PKT ke 212 Daerah

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

 

MENTERI PUPR Basuki Hadimoeljono menuturkan, dalam mendukung penanganan kemiskinan ekstrem, digulirkam program Padat Karya Tunai (PKT) reguler bidang Cipta Karya/permukiman.

Pada tahun ini, program itu akan dilakukan di 212 kabupaten/kota prioritas. Sebelumnya, telah dilaksanakan di 35 kabupaten/kota prioritas pada 2021 dan ditargetkan hingga 2023-2024 tersalurkan secara nasional sebanyak 514 daerah. 

Baca juga: Tak Setor Migor Curah, Menperin Beri Peringatan ke 24 Perusahaan

"Saat ini sedang dilakukan pendalaman atas kesiapan lokasi dan jenis penanganannya yang direncanakan pelaksanaan fisiknya mulai Juni 2022," tutur Basuki dalam siaran pers, Rabu (13/4).

Menurutnya, Data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menjadi dasar dalam penajaman lokus penanganan kemiskinan ekstrem untuk mengidentifikasi kecamatan hingga level desa/kelurahan dan RT/RW. 

"Data BKKBN memuat informasi 3 indikator terkait infrastruktur PUPR yakni akses sumber air minum utama, akses sanitasi, dan rumah tidak layak huni (RTLH)," kata Menteri PUPR.

Di tahun ini program Padat Karya Tunai (PKT) bidang permukiman terdiri dari Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas).

Lalu, Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), ditambah program bidang Perumahan yakni Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). 

Sementara, untuk penyediaan rumah layak huni merupakan bantuan pemerintah bagi Masyarakat Perpenghasilan Rendah (MBR) untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana. Ini umumnya diberikan dengan penerima yang memenuhi beberapa persyarakatan di antaranya belum memiliki rumah. (OL-6)

Baca Juga

MI/HO

Indosat Ooredoo Hutchison Raih Penghargaan Asia Pacific Stevie Awards 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 05 Juli 2022, 09:15 WIB
Untuk melengkapi kesuksesan IOH, Ooredoo Group juga berhasil meraih 8 kategori lainnya di APAC Stevie Awards...
Ist/DPR

BAKN DPR RI Apresiasi Meningkatnya Kesejahteran Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 08:45 WIB
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara mengapresiasi kinerja Kementerian Pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan...
ANTARA/Adwit B Pramono

Pertamina: Pendaftar BBM Subsidi Sudah Mencapai 50 Ribu Kendaraan

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 05 Juli 2022, 07:51 WIB
Selain melalui website subsiditepat.mypertamina.id secara langsung, pendaftaran juga dapat diakses melalui aplikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya