Sabtu 09 April 2022, 22:15 WIB

Kemenkop UKM Fasilitasi UKM Kopi Ikut Pameran di Amerika Serikat

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Kemenkop UKM Fasilitasi UKM Kopi Ikut Pameran di Amerika Serikat

Dok. Kemenkop UKM
Pelaku UKM Kopi Indonesia ikut pameran Speciality Coffee Expo 2022 di Boston, AS

 

KEMENTERIAN Koperasi dan Usaha Kecil Menengah memfasilitasi enam pelaku UKM kopi asal Indonesia untuk mengikuti Specialty Coffee Expo (SCE) 2022 di Boston Convention and Exhibition Center, Amerika Serikat, 8-10 April 2022.

“Ini merupakan salah satu upaya untuk memperluas akses pasar produk kopi Indonesia,” ujar Kepala Biro Hukum dan Kerja Sama Kemenkop Henri Saragih dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu (9/4). 

Pada tahun ini, lanjutnya, Kemenkop memfasilitasi enam pelaku usaha di sektor kopi, cokelat, dan bahan minuman. Pemberian fasilitasi tiga sektor tersebut untuk mendukung sektor usaha kopi. 

Untuk sektor kopi digerakkan oleh Java Halu Coffe Farm dari Bandung Jawa Barat, PT Sanika Indonesia Sukses dan Caldera Coffee dari DKI Jakarta. Selanjutnya, Cokelatin Indonesia dan Hiro & Cocoatree dari Tangerang Banten untuk sektor cokelat, serta PT. Delifru Utama Indonesia dari Surabaya Jawa Timur untuk sektor bahan minuman. 

Henri yang juga menjadi Ketua Delegasi Kemenkop dalam pameran tersebut mengatakan, ke-6 pelaku UKM itu telah mengikuti rangkaian seleksi dan kurasi. Pihaknya secara aktif menjaring pembeli potensial untuk dilakukan business matching dengan para pelaku UKM. 

“Saya berharap melalui pameran ini, ke-6 pelaku usaha dapat memperoleh potensial order (potensi pemesanan) yang maksimal sehingga dapat meningkatkan nilai ekspor kopi Indonesia di pasar internasional khususnya Amerika Serikat,” ucapnya. 

Baca juga : Menteri ESDM Pastikan Stok Solar Subsidi Aman 

Pada hari pertama, estimasi potensi pemesanan dari enam UKM kopi asal Indonesia senilai Rp17,2 miliar. Sejumlah negara yang telah melayangkan pemesanan antara lain Amerika Serikat, Canada, Argentina, dan Ecuador. 

Menurut dia, pameran itu strategis bagi segmen pasar kopi Indonesia mengingat terdapat 9.200 pelaku usaha produsen kopi dan peralatan pengolah kopi yang berasal dari 30 negara seperti Kolombia, Guatemala, Honduras, Ethiopia, Puerto Rico, Turki, Rwanda, Belgia, dan Korea Selatan. 

"Hal ini sebagai salah satu upaya strategis yang dapat mengangkat tidak hanya citra produk kopi Indonesia di pasar internasional, namun juga membuka akses pasar lebih luas lagi bagi produk kopi unggulan dari berbagai daerah di Indonesia," ucap Henri. 

Melalui pembinaan dan pendampingan yang tepat, serta kolaborasi dengan pemangku kepentingan, pihaknya optimistis kopi Indonesia dapat memperluas akses ke pasar internasional dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku UKM. 

Dalam kesempatan yang sama, Konsulat Jenderal RI di New York Arifi Saiman menyambut baik fasilitasi pelaku usaha kopi asal Indonesia yang telah dilakukan Kemenkop. 

“Untuk menyambut green business di tahun 2025 di USA, diharapkan pelaku UMK menyiapkan kemasan yang ramah lingkungan sehingga dapat diterima oleh pasar Amerika Serikat,” kata Arifi. (Ant/OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Gusti Tanat

KKP : Ikan Hias Indonesia Semakin Laku di Dunia

👤┬áInsi Nantika Jelita 🕔Selasa 27 September 2022, 09:38 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkapkan, bisnis ikan hias sangat potensial dan prospektif lantaran permintaan pasar...
MI/Susanto

Gobel: Indonesia Harusnya Bisa Swasembada Aspal Cuma Disia-sia

👤Muhammad Fauzi 🕔Selasa 27 September 2022, 09:35 WIB
WAKIL Ketua DPR RI Bidang Korinbang, Rachmat Gobel, menyatakan Indonesia harus memiliki target khusus untuk berswasembada aspal. Karena SDA...
Ist/DPR

Pengembang Harus Perhatikan Alih Fungsi Lahan Pertanian Jadi Permukiman

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 09:21 WIB
Anggota Komisi V DPR RI Sri Rahayu merasa prihatin melihat alih fungsi lahan pertanian yang subur justru dibangun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya