Minggu 20 Februari 2022, 09:42 WIB

Erick Optimalkan 8 Juta Diaspora RI untuk Ekspansi Bisnis BNI

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Erick Optimalkan 8 Juta Diaspora RI untuk Ekspansi Bisnis BNI

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Menteri BUMN Erick Thohir

 

Keberadaan delapan juta diaspora Indonesia yang tersebar di seluruh dunia harus menjadi modal PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI untuk menunjang ekosistem bisnis internasional.

Hal itu diungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir dihadapan ratusan diaspora secara virtual dalam Silaturahmi Daring Perwakilan Diaspora Indonesia, Sabtu (19/2). Kegiatan itu diikuti perwakilan diaspora dari lima Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) BNI, yaitu Seoul, Tokyo, Hong Kong, New York, London, dan Singapura. “Kolaborasi diaspora dengan perbankan nasional harus terus ditingkatkan demi menciptakan banyak peluang investasi di luar negeri," ucapnya dalam keterangan resmi, Minggu (20/2).

Selain itu, lanjut Erick, dengan rencana kerja sama tersebut dapat menambah potensi lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia, mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam negeri untuk go global, sekaligus menarik banyak potensi penanaman modal dari luar negeri.

Dia menambahkan, dengan keberpihakan perbankan nasional terhadap para diaspora, otomatis akan membuat BNI makin fokus pada ekspansi bisnis internasional. Bentuk keberpihakan dalam membangun kolaborasi itu dengan menyediakan platform digital yang andal untuk berbagai kebutuhan layanan perbankan diaspora di luar negeri. "Di tengah disruspi digital ini, kita harus super responsif dalam memberikan layanan digital yang maju dan tidak terbatas pada transaksi keuangan," tutur Erick.

Dirinya optimistis, jika komunitas diaspora di luar negeri yang dinilai merupakan ceruk bisnis dalam ekosistem bisnis internasional bisa dimenangkan, maka perbankan nasional akan mendunia.

Dalam acara silaturahmi tersebut, Erick Thohir menyaksikan rangkaian dukungan BNI pada para diaspora. Dukungan yang diberikan meliputi, bantuan Program Indonesia Diaspora Network (IDN) di Hongkong, Bantuan Pendidikan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Korea Selatan.

Lalu memberikan dukungan bagi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Inggris untuk Program Inkubasi Bisnis Inggris serta Dukungan Promosi Product Indonesia pada Vending Machine Indonesian Food di Tokyo. (OL-12)

Baca Juga

Antara

Hingga Agustus 2022, Pendanaan Macet Fintech Capai 2,89%

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:35 WIB
Namun, OJK menyatakan bahwa angka tersebut masih dalam batas yang terkendali di tengah ketidakpastian global. Fintech P2P lending juga...
ANTARA

Presiden: Perusahaan Besar Harus Beri Pendampingan kepada UMKM

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:30 WIB
Jokowi pun meminta korporasi-korporasi tersebut bermitra dengan para pelaku usaha lokal, terutama yang berada di kawasan...
Ist

Bank Mandiri Taspen Serakan Hadiah Kepada Nasabah SMARD

👤Widhoroso 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:11 WIB
BANK Mandiri Taspen menyerahkan hadiah tanpa diundi melalui produk SMARD kepada salah satu nasabahnya yakni PT Mora Telekomunikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya