Senin 17 Januari 2022, 14:57 WIB

Pemerintah Mulai Uji Jalan Kendaraan B40 pada Februari 2022

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pemerintah Mulai Uji Jalan Kendaraan B40 pada Februari 2022

Antara
Ilustrasi: Proses pengolahan minyak jelantah menjadi biodiesel di SMK N 1 Kuta Selatan, Bali, Kamis (12/12/2019).

 

KEMENTERIAN Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memulai road test atau uji jalan kendaraan berbahan baku biodiesel campuran minyak sawit 40% atau B40 pada bulan depan.

Penerapan program mandatori biodiesel B40 itu merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mengurangi ketergantungan impor Indonesia terhadap bahan bakar minyak.

Baca juga: Ada Proyek MRT CP-203, Dishub Rekayasa Lalin di Tiga Jalan Ini

"Tahun lalu kami sudah menyelesaikan pengujian B40. Di awal Februari ini kami memulai kegiatan uji jalan atau road test pemanfaatan B40," jelas Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) ESDM Dadan Kusdiana dalam konferensi pers virtual, Senin (17/1).

Dia menerangkan, diperlukan waktu sekitar lima bulan dalam uji jalan kendaraan B40 ini. Beberapa pihak dari lembaga atau kementerian bakal ikut terlibat dalam pelaksanaan program tersebut.

"Ada dari Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), Kementerian Perindustrian, Aprobi (Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia), dan Pertamina, yang akan ikuti uji jalan ini," kata Dadan.

Pada tahun lalu, pemerintah diakuinya sudah merampungkan pengujian B40 dan menyiapkan rekomendasi yang diperlukan dalam pemanfaatan biodiesel pencampuran minyak sawit itu.

"Kami sudah mempunyai kira-kira spesifikasi apa yang diperlukan pemanfaatan biodiesel 40% itu. Pemanfaatan utama B40 harus diikuti peningkatan kualitas dan minyak solar," pungkasnya.

Sementara itu, program B30 atau program pemerintah untuk mewajibkan pencampuran 30% biodiesel dengan 70% bahan bakar minyak jenis solar di 2021 mencapai 9,3 juta kiloliter, hampir mendekati target 9,4 juta kiloliter di tahun lalu.

"Secara capaian ini 99%. Sebetulnya angka ini lebih tinggi dari apa yang kami targetkan di awal 2021. Jadi terjadi penambahan dalam perjalanannya untuk pemanfaatan biodiesel," ucap Dadan. (Ins/A-3)

Baca Juga

Dok BRI

Hadiri Forum Ekonomi Dunia, Dirut BRI Tegaskan Komitmen Dorong Inklusi Keuangan & Penerapan ESG

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 09:55 WIB
Bank Rakyat Indonesia (BRI) turut hadir mengikuti forum ekonomi tingkat dunia tersebut, yang kali ini diwakili oleh Direktur Utama BRI...
Ist

Sandiaga Uno Ajak UMKM Berkolaborasi dengan Platform E-commerce

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 08:14 WIB
Pelaku UMKM diminta berkolaborasi dengan platform digital agar dapat semakin menciptakan peluang usaha, membangkitkan ekonomi, dan...
Antara

Kementan Lakukan Pengawasan dan Mitigasi Terhadap Hewan Kurban

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 07:35 WIB
Kementan melakukan pemeriksaan antemortem dan postmortem yang didampingi dokter hewan atau paramedik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya