Kamis 18 November 2021, 17:09 WIB

Tingkatkan TKDN, United Bike Gandeng IKM Alat Angkut 

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Tingkatkan TKDN, United Bike Gandeng IKM Alat Angkut 

Dok. United Bike
Kerja sama United Bike dengan IKM alat angkut

 

PENINGKATAN daya saing pelaku usaha industri kecil menengah (IKM) menjadi salah satu bagian dalam pemulihan dan penguatan ekonomi nasional. Karena itu dibutuhkan sinergitas antara IKM dengan pelaku industri besar untuk membantu meningkatkan daya saing industri nasional. 

Hal itu diwujudkan oleh PT Terang Dunia Internusa, produsen sepeda United Bike dengan menggandeng IKM alat angkut sebagai bagian dari rantai pasok komponen sepeda. Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan di Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (18/11) dalam Forum Koordinasi IKM Alat Angkut dengan Industri Besar Sepeda. 

Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian Dini Hanggandari mengatakan, kerja sama itu merupakan bentuk pembinaan pihaknya terhadap IKM melalui program link and match antara IKM dengan pelaku industri besar. 

"Kami pun melakukan pendampingan terhadap IKM, bila dirasa produknya belum sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh pelaku industri besar," katanya. 

Direktur PT Terang Dunia Internusa Henry Mulyadi mengatakan, kemitraan dengan IKM alat angkut merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Perindustrian Agus Guniwang Kartasasmita ke fasilitas United Bike beberapa waktu lalu. Ia menambahkan, United Bike terbuka bekerja sama dengan IKM untuk ikut meningkatkan kualitas produksi sepedanya. 

"Kami terus meningkatkan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) dan produksi sepeda lokal yang tidak kalah saing dengan produksi sepeda mancanegara," ujar Henry seraya mengajak IKM lainnya untuk ikut meningkatkan kualitas produksi United Bike. 

Baca juga : Sandiaga Uno: Okupansi Hotel Meningkat Dua Kali Lipat di Sorong

United Bike melakukan kerja sama dengan 4 IKM yang akan memasok komponen dan aksesoris yang nantinya akan ikut menjadi bagian rantai pasok produksi sepeda United Bike. Bahkan, Henry menyebutkan produk IKM bisa saja menjadi bagian dari sepeda United Bike yang akan dipamerkan atau diekspor ke luar negeri. 

Keempat IKM alat angkut yang bekerja sama dengan United Bike, antara lain PT. Eran Teknikatama, PT. Rachmat  Perdana  Adhimetal, PT. Kreasiniaga dan PT. Servatek 

Plt Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Reni Yanita mengatakan, kerja sama tersebut merupakan wujud sinergitas karena di zaman modern, pelaku industri tidak bisa melakukan semua hal dari hulu hingga hilir sendirian. Ia mengungkapkan, keberhasilan kerja sama IKM alat angkut dengan industri otomotif, kini coba diaplikasikan kepada industri sepeda. 

Nantinya, lanjut Reni, pihaknya juga akan mengajak industri besar sepeda lainnya untuk menjalin kolaborasi dengan IKM. 

"Ini merupakan bentuk fasilitasi pemerintah agar industri besar bisa terus bertumbuh, tapi dengan didukung oleh IKM. Saat ini merupakan era kolaborasi," ujarnya. 

Dalam Forum itu, United Bike juga memberikan bantuan sepeda kepada sejumlah pelaku IKM. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/Susanto.

Bank Indonesia dan The People's Bank of China Perbarui Perjanjian Swap Bilateral

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:48 WIB
Perjanjian kerja sama BCSA Bank Indonesia dan The People's Bank of China pertama kali ditandatangani pada Maret...
DOK.LPKR

Proyek Terbaru Lippo Karawaci Jawab Kebutuhan Generasi Z

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:35 WIB
Popularitas rumah tapak di sektor properti didukung meningkatnya kesadaran kalangan muda akan pentingnya kepemilikan properti, termasuk...
Dok. Tangkapan layar Youtube Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Ajak B20 Ikut Ciptakan Dunia yang Lebih Baik Lewat Ekonomi Hijau 

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:29 WIB
Presidensi G20 Indonesia akan mengusung tiga tema pokok yaitu transisi menuju ekonomi hijau, pengembangan ekonomi digital serta perbaikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya