Rabu 20 Oktober 2021, 17:11 WIB

Pertamina: Tak Ada Kelangkaan Solar di Jakarta, Banten dan Jabar

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pertamina: Tak Ada Kelangkaan Solar di Jakarta, Banten dan Jabar

Mi/Kristiadi
Antrian truk untuk mendapatkan solar di SPBU Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tasikmalaya, Kamis (14/11/2019).

 

PERTAMINA Patra Niaga memastikan tidak ada kelangkaan dan penimbunan Bakar Minyak (BBM) jenis diesel atau solar di ilayah Regional Jawa Bagian Barat atau di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat (Jabar). Pasalnya, santer dikabarkan ada kelangkaan solar yang menimpa di wilayah Sumatera dan Jawa.

Area Manager Comm Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menjelaskan, stok BBM tersebut masih aman alias tercukupi bagi masyarakat. 

Baca juga: Pernyataan Menko Polhukam terkait Pinjol Ilegal tidak Selesaikan Masalah

"Di wilayah Jawa Bagian Barat tidak ada (kelangkaan) solar. Stok masih lancar," kata Eko kepada wartawan, Rabu (20/10). 

Pertamina Patra Niaga mengimbau ke masyarakat untuk tidak segan melaporkan ke aparat jika menemukan indikasi penyalahgunaan BBM subsidi di lapangan. 

Eko menegaskan, pihaknya terus berupaya menyalurkan BBM dengan tepat sasaran sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) 191/2014. Menurutnya, jika lembaga penyalur atau SPBU terindikasi dan terbukti terjadi penyelewengan, Pertamina tidak segan memberikan sanksi tegas.

Di satu sisi, Pertamina menjelaskan bahwa keberhasilan pemerintah dalam program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdampak pada peningkatan kebutuhan/demand BBM, termasuk BBM retail dan industri. 

Dibandingkan periode awal PPKM, saat ini demand BBM retail dilaporkan meningkat 8% sedangkan industri pertambangan meningkat 30%, industri perkebunan 26%, sektor migas 21% dan industri lainnya mencapai 17%.

Peningkatan aktivitas masyarakat tercermin dalam peningkatan konsumsi BBM sektor retail Pertamina yang tercatat di Wilayah Regional Jawa Bagian Barat sampai dengan kuartal 3 2021, gasoline meningkat hingga 7% dibandingkan kuartal 3 2020. Untuk BBM gasoline (bensin), ada peningkatan sekitar 6%, dan untuk gasoil (diesel), bahkan mencapai 9%. (OL-6)

Baca Juga

Ist

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, PStore Komit Penuhi Kepuasan Konsumen

👤Widhoroso 🕔Senin 06 Desember 2021, 00:30 WIB
KENYAMANAN konsumen menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi setiap perusahaan untuk bisa tetap bertahan dalam...
DOK Pribadi.

Merek Lokal Queensland Luncurkan Koleksi Terbaru

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:09 WIB
Koleksi tersebut dapat ditemukan dan dibeli di toko offline yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan tersedia pada online store yang...
Dok. Nippon Paint

Ekspansi Bisnis ke sektor Konstruksi, Nippon Paint Akuisisi Selleys dan Vital Technical

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 05 Desember 2021, 22:10 WIB
akuisisi itu didasari potensi pasar retail SAFL dapat mencapai Rp6 Triliun per tahun berdasarkan penelitian pasar yang dilakukan secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya