Selasa 14 September 2021, 23:41 WIB

Permintaan Minyak Global bakal Naik pada Bulan Depan

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Permintaan Minyak Global bakal Naik pada Bulan Depan

AFP/George Frey.
Truk tanker mengisi bensin di Marathon Oil pada 20 Mei 2021 di Salt Lake City, Utah.

 

PERMINTAAN minyak global telah turun selama tiga bulan berturut-turut karena kasus covid-19 telah meningkat di Asia. Akan tetapi permintaan diperkirakan akan bangkit kembali bulan depan.

Permintaan turun dari Juli setelah rebound bulan sebelumnya. Konsumen minyak mentah utama Tiongkok memimpin penurunan.

"Permintaan minyak global tetap di bawah tekanan varian delta covid-19 yang ganas di wilayah konsumen utama, terutama di beberapa bagian Asia," kata International Energy Agency (IEA) dalam laporan bulanan, Selasa (14/9). Permintaan turun rata-rata 310.000 barel per hari selama tiga bulan hingga September.

Namun permintaan minyak global diperkirakan pulih pada Oktober dengan peningkatan 1,6 juta barel per hari (mbd) dan terus meningkat hingga akhir tahun, kata IEA, yang memberi saran kepada negara-negara maju tentang kebijakan energi. "Berita terbaru di bidang covid-19 lebih optimis dengan kasus global turun dalam beberapa pekan terakhir, kemajuan berkelanjutan dalam pembuatan dan inokulasi vaksin, dan langkah-langkah jarak sosial yang kurang ketat di banyak negara," katanya.

Permintaan minyak global diperkirakan meningkat sebesar 5,2 mbd pada tahun ini atau sedikit lebih rendah dari perkiraan sebelumnya. Akan tetapi pertumbuhan 2022 akan sedikit lebih tinggi pada 3,2 mbd, menurut laporan tersebut.

 

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) mengatakan pada Senin bahwa mereka memperkirakan permintaan minyak global tahun depan akan melebihi tingkat prapandemi berkat peluncuran vaksin dan pemulihan ekonomi. Perkiraan itu muncul ketika negara-negara kartel OPEC dan sekutu mereka, bersama-sama dikenal sebagai OPEC+, mulai meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan yang pulih. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Dikeluhkan PHRI, Sandiaga Wacanakan Sertifikasi CHSE tidak Hanya Dikeluarkan Satu Lembaga 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 27 September 2021, 19:01 WIB
CHSE merupakan proses pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, destinasi dan produk pariwisata lainnya untuk menjaminan kepada...
Antara/Fikri Yusuf

PHRI Tolak Program Sertifikasi CHSE yang Digagas Sandiaga

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 27 September 2021, 18:48 WIB
Menurut Sutrisno, program CSHE ini tidak gratis. Artinya untuk mendapatkan sertifikasi CHSE pelaku industri hotel harus mengeluarkan...
Antara

Luhut: Pendirian Huawei Academy di RI Guna Pengembangan SDM Digital

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 27 September 2021, 17:45 WIB
Dengan dilakukannya kerja sama ini, pemerintah berharap Indonesia bisa bergerak ke pembangunan hijau, menciptakan teknologi yang lebih...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Meretas Asa Jadi Pusat Ekonomi Syariah

Potensi besar hanya akan tetap menjadi potensi bila tidak ada langkah nyata untuk mewujudkannya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya