Jumat 25 Juni 2021, 19:36 WIB

Potensi Besar Indonesia jadi Pusat Keuangan Syariah Dunia

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Potensi Besar Indonesia jadi Pusat Keuangan Syariah Dunia

ANTARA
Ilustrasi

 

ANGGOTA Dewan Komisioner OJK, Tirta Sagara mengatakan Indonesia memiliki potensi ekonomi dan keuangan syariah yang sangat tinggi, dengan jumlah penduduk yang sangat besar adalah penduduk dengan Agama Islam merupakan potential customer yang sangat besar bagi ekonomi dan keuangan syariah.

Selain itu, tradisi atau budaya masyarakat Indonesia yang secara turun-temurun menerapkan bagi hasil dalam pengelolaan ternak atau usaha pertanian yang merupakan budaya lama sesuai dengan prinsip syariah yaitu bagi hasil secara adil dan sesuai kesepakatan.

Baca juga: Kementan Meraih WTP Laporan Keuangan 2020 dari BPK

"Dari itu potensi-potensi ekonomi dan keuangan syariah juga ditopang dengan jaringan industri keuangan yang saat ini telah berdiri dan tersebar di seluruh wilayah Nusantara, oleh karena itu seharusnya memang kita menjadi pusat keuangan syariah dunia," kata Tirta dalam webinar Milenial Syariah Festival 2021 'Menggenjot Akselerasi Keuangan Syariah di Kalangan Milenial' yang diadakan Warta Ekonomi, Jumat (25/6).

Dirinya menyebutkan sektor keuangan syariah terus tumbuh dan berkembang. Pencapaian ini berasal dari kinerja industri perbankan syariah, industri keuangan non bank syariah, dan pasar modal syariah yang terus-menerus memainkan peranan yang sangat strategis meskipun di masa pandemi.

"Dapat kami sampaikan bahwa per akhir Maret 2021 bahwa total aset keuangan syariah (tidak termasuk saham syariah) telah mencapai Rp1.863 triliun atau sekitar 10% dari total aset industri keuangan," ujar Tirta.

Dari perbankan syariah market share mencapai 6,4%; non bank syariah market share 4,4% dan pasar modal syariah market share cukup tinggi yaitu 17,3%.

Lebih lanjut penerbitan masterplan ekonomi Syariah Indonesia tahun 2019-2024 oleh Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) juga merupakan sebuah tonggak penting dalam pengembangan industri keuangan syariah di Indonesia.

"Dengan segenap potensi ini kami berharap industri keuangan syariah dapat berperan optimal dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional khususnya juga di masa pandemi," jelasnya. (OL-6)

Baca Juga

Dok. Kemenhub

Kemenhub Bangun Pelabuhan Anggrek di Gorontalo lewat Skema KPBU

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:42 WIB
“Meskipun di tengah pandemi, tetapi kita terus berkomitmen melanjutkan pembangunan. Saya bersyukur dan senang, karena pembangunan...
Anara/Fikri Yusuf

62 Juta Lapangan Kerja Sektor Pariwisata Hilang di 2020, Sandiaga : Ini PR Besar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:11 WIB
Data dari Kemenparekraf menyatakan jumlah wisawatan mancanegara di Indonesia anjlok 75% hingga tahun ini, lalu jumlah wisatawan nusantara...
Dok. BTN

Kolaborasi BTN-KAS Gelar Drive-Thru Akad Kredit Massal Proyek Perumahan

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:08 WIB
Gelaran ini merupakan inovasi BTN dan PT KAS untuk mempermudah konsumen dalam memiliki hunian di tengah pandemi Covid-19  yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencari Abdi Negara di Tengah Pandemi

Jumlah pelamar di bawah perkiraan 5 juta orang dan menurun ketimbang perekrutan sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya