Senin 14 Juni 2021, 09:06 WIB

Lion Air Group Buka Rute Perdana di Bandara Purbalingga

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Lion Air Group Buka Rute Perdana di Bandara Purbalingga

MI/Lilik Darmawan
Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga

 

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Lion Air Group melalui Wings Air akan membuka rute baru di Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, akhir Juni nanti.

Rute tersebut ialah Jakarta - Purbalingga - Semarang dan sebaliknya. Langkah Lion Air Group ini menyusul maskapai Citilink yang sudah lebih dahulu mengudara di Bandara Purbalingga.

“Pertemuan sudah dilakukan dan dalam waktu dekat pada akhir Juni 2021 direncanakan Lion Air Group melalui Wings Air akan membuka rute baru," ujar President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Minggu (13/6).

Awaluddin menambahkan, dengan bertambahnya rute dari dan Bandara Jenderal Besar Soedirman diharapkan dapat semakin mendukung aktivitas masyarakat termasuk mendukung UMKM di Purbalingga dan daerah sekitar.

Baca juga: Presiden Senang Bandara JB Soedirman dan Terima Kasih Pak Gubernur

Citilink, lanjut Awaluddin, telah membuka rute Jakarta - Purbalingga - Surabaya dan Surabaya - Purbalingga - Jakarta dengan masing-masing empat pergerakan penerbangan pada pekan lalu.

Selain itu, Angkasa Pura menjabarkan antusiasme masyarakat cukup tinggi. Tingkat keterisian penumpang (load factor) untuk rute dari dan ke Jakarta saat Bandara Purbalingga dibuka pada awal Juni disebut mencapai 70% dan saat ini meningkat ke 80%. Sementara untuk rute dari dan ke Surabaya dari sekitar 25% saat baru dibuka, kini meningkat ke sekitar 40%.

Sementara, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menuturkan seluruh pihak harus berkolaborasi dan bersinergi untuk semakin memajukan Bandara Jenderal Besar Soedirman.

“Proses pembangunan bandara ini memiliki sejarah panjang, dirintis sejak 15 tahun lalu dan akhirnya mimpi besar masyarakat Purbalingga memiliki bandara ini pada 1 Juni menjadi kenyataan," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Pertamina Beri Sanksi 91 SPBU yang Menyeleweng

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 18 Oktober 2021, 14:29 WIB
Pertamina Patra Niaga memberikan sanksi tegas kepada puluhan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum yang didapati lakukan penyelewengan alias...
ANTARA FOTO/FRANSISCO CAROLIO

Solar Alami Kelangkaan, BPH Migas Didesak Bertindak Cepat

👤Mediaindonesia 🕔Senin 18 Oktober 2021, 14:01 WIB
Menurut Direktur Executive Energy Watch, Mamit Setiawan di Jakarta, hari ini, kelangkaan solar terjadi karena sistem kuota yang ditetapkan...
 ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Kekebalan Komunal Dorong Ekonomi Tumbuh Tinggi

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 18 Oktober 2021, 13:40 WIB
Meratanya vaksinasi Covid-19 akan mendorong kekebalan komunal (herd immunity) yang menjadi prasyarat aktivitas ekonomi bergeliat dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya