Senin 10 Mei 2021, 11:04 WIB

Pertumbuhan Kuartal II 2021 Diprediksi Belum Capai 7%

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Pertumbuhan Kuartal  II 2021 Diprediksi Belum Capai 7%

Antara/Hafidz Mubarak
Pertumbuhan ekonomi membaik

 

PEMERINTAH  Indonesia  memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2021 akan mencapai 7,8% sejalan dengan perbaikan yang positif di kuartal I-2021.

Penanganan pemulihan ekonomi yang berjalan dinilai menjadi kunci terhadap pemulihan tersebut.  Mengacu pada data dari BPS, pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2021 sebesar -0,74% YoY.

"Pertumbuhan pada tiga bulan pertama 2021 meningkat ika dibandingkan dengan tahun lalu yang terkontraksi di angka -5%. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan pertumbuhan ekonomi diantaranya adalah bantuan pemerintah yang disalurkan langsung ke masyarakat sejak tahun lalu," kata Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, Senin (10/5).

Selain itu stimulus PPnBM untuk mobil dan PPN untuk pembelian rumah serta didukung oleh pelonggaran LTV ikut menjadi trigger pada konsumsi masyarakat. Sektor tersebut dinilai memiliki domino efek pada sektor lainnya.

Saat ini manufaktur telah terlihat cukup optimis dimana PMI telah menunjukkan gambaran pelaku industri ke depan yang saat ini masih terjaga pada jalur ekspansi.

Di lain sisi, program vaksinasi diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan diri pelaku usaha dan juga konsumen. Saat ini beberapa indikator dari konsumsi seperti indeks keyakinan konsumen, penjualan ritel dan peningkatan uang beredar secara bulanan telah menunjukkan tren yang membaik.

"Sehingga atas dasar tersebut, kami melihat pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2021 berpotensi menuju ke arah positif. Namun untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 7% seperti target dari pemerintah, kami melihatnya memang belum akan sampai ke sana. Artinya pertumbuhan ekonomi masih akan di level 3%- 4% pada kuartal II-2021," kata Nico. (E-1)

Baca Juga

Antara

Setelah Idulfitri, Peredaran Uang Elektronik Alami Kenaikan

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 22 Juni 2021, 13:55 WIB
Di lain sisi, pelambatan terjadi pada mayoritas komponen M1 dan uang kuasi. Adapun M1 meliputi uang kartal yang dipegang masyarakat dan...
 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Teten Masduki Keluhkan Biaya Sertifikasi UMKM dari Badan POM

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 22 Juni 2021, 13:33 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa biaya sertifikasi izin edar produk dari Badan POM masih terlampau...
ANTARA

Jadi Dewan FAO, Momentum RI Perkuat Ketahanan Pangan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 22 Juni 2021, 13:30 WIB
Dengan menjadi anggota dewan FAO, Indonesia dapat membuka peluang besar untuk melakukan koreksi sekaligus berkontribusi pada kebijakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya