Senin 12 April 2021, 19:57 WIB

Komoditas Pangan di Bulan Puasa Aman Terkendali

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Komoditas Pangan di Bulan Puasa Aman Terkendali

MI/Benny Bastian
Pedagang menuangkan beras di Di Pasar Induk Cianjur, Jawa Barat, Minggu (04/4). Stok beras cukup selama bulan Ramadan dan Idul Fitri.

 

KEPALA Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi meyakinkan masyarakat bahwa komoditas pangan pada saat bulan puasa Ramadan dan Idulfitri 2021 aman terkendali.

Dia mengatakan komoditas beras, jagung, kedelai, bawang putih, bawang merah, aneka macam cabai, daging ayam, telur, minyak goreng, dan gula pasir dalam kondisi mencukupi dan aman.

"Upaya penyediaan pangan sudah dilakukan beberapa bulan sebelumnya. Semua komoditas tersebut dalam kondisi secara nasional adalah mencukupi. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Walaupun memang ada beberapa komoditas yang sebagian dipenuhi dari impor," kata Agung dalam webinar Ketersediaan Pangan Jelang Ramadhan dan Lebaran yang diadakan FMB9, Senin (12/4).

Komoditas yang dimaksud seperti bawang putih, daging sapi/kerbau dan gula pasir. Namun, kebijakan-kebijakan importasi tersebut sudah menjadi suatu keputusan dari rapat koordinasi dengan para menteri Kementerian Perekonomian. "Dan memutuskan komoditas impor tersebut harus masuk sehingga sementara ini bahwa kesediaanya sampai dengan Mei 2021 semuanya mencukupi," ujar Agung.

Adapun komoditas yang diimpor yakni kedelai 1,0 juta ton; bawang putih 202 ribu ton; daging sapi/kerbau 111 ribu ton; dan gula pasir 796 ribu ton.

Selain itu, Agung juga tidak menutup kemungkinan adanya kenaikan harga, namun dirinya memastikan kenaikan tersebut tidak akan terjadi lama. Hanya pada mendekati awal puasa lalu harga kemudian turun seperti normal kembali, kemudian akan naik lagi menjelang Hari Raya Idulfitri.

"Dari catatan kami memang ada beberapa komoditas yang naik di hari raya seperti cabai rawit merah itu harganya cukup tinggi sudah turun. Kemudian beberapa komoditas yang sekarang mengalami kenaikan di antaranya adalah daging ayam yang mulai naik rata-rata sekitar Rp35.000 kemudian telur ayam Rp24.000," ungkapnya.

"Tetapi ini hanya berlaku 1-2 hari ini. Nanti sudah masuk bulan puasa akan kembali turun, dan menjelang Hari Raya Idulfitri. Kita juga ingin mengulang tahun yang lalu ya cukup bagus kita bisa mempertahankan itu semua," ucapnya.

Harapannya semua bahan pangan pokok menghadapi Idulfitri ini aman kemudian harga juga terkendali dengan baik seperti tahun lalu yang relatif aman. Hanya saja pada tahun ini ada sedikit perubahan pada konsumsi masyarakat khususnya daging yang menurun. Namun secara umum dipastikan bisa diamankan. (E-3)

Baca Juga

MI/Sumaryanto Bronto

Industri Halal Berpeluang Picu Pemulihan Ekonomi Nasional

👤Ghani NUrcahyadi 🕔Jumat 25 Juni 2021, 00:36 WIB
Deputi Direktur Departemen Ekonomi & Keuangan Syariah Bank Indonesia Diana Yumanita mengemukakan, saat ini posisi Indonesia sudah masuk...
Antara

Pembangunan Pelabuhan Anggrek di Gorontalo Dimulai Tahun Ini

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 24 Juni 2021, 23:17 WIB
Pembangunan Pelabuhan Anggrek akan dilakukan dua tahap dengan nilai investasi sekitar Rp1,4...
Dok Modernland

Kota Modern Pacu Properti Komersial

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 22:50 WIB
Tren permintaan dan kebutuhan properti komersial berupa ruko di kawasan itu masih sangat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Talenta Muda Curi Perhatian

PIALA Eropa 2020 dipastikan telah menjadi ajang kemunculan pemain-pemain muda yang punya kemampuan mengejutkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya