Jumat 12 Maret 2021, 23:05 WIB

RI Inisiasi Forum Ekonomi Kreatif Skala ASEAN

Atikah Ishmah Winahyu | Ekonomi
RI Inisiasi Forum Ekonomi Kreatif Skala ASEAN

AFP
Sejumlah bendera kebangsaan dari negara anggota ASEAN.

 

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengajak negara anggota ASEAN untuk meningkatkan ekonomi digital dengan transformasi digital, khususnya di sektor ekonomi kreatif.

Johnny juga mengungkapkan inisiatif untuk menyelenggarakan ASEAN Creative Economy Business Forum. “Kami menyampaikan inisiatif Indonesia untuk menyelenggarakan ASEAN Creative Economy Business Forum, yang akan diselenggarakan pada November 2021,” ujar Johnny dalam pertemuan virtual, Jumat (12/3).

“Indonesia berharap forum tersebut dapat mempercepat implementasi ASEAN Comprehensive Recovery Framework, yang pada akhirnya berkontribusi pada proses pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19,” imbuhnya.

Baca juga: Jokowi: Transformasi dan Kedaulatan Digital Harus Seirama

Johnny menilai peluang untuk memanfaatkan teknologi digital sangat besar. Transformasi digital menjadi salah satu solusi yang dipilih pelaku ekonomi kreatif untuk mengatasi tantangan. Namun, transformasi digital hanya dapat dicapai secara efektif jika dapat mengatasi literasi digital.

“Di era digital yang terus bertransformasi ini, manfaat digitalisasi tidak hanya perlu dimaksimalkan agar tidak hanya menyebarluaskan informasi, tetapi juga mendorong pemulihan ekonomi yang lebih cepat," tutur Johnny.

"Upaya harus dilakukan untuk membantu yang paling rentan dan memastikan bahwa tidak ada yang akan tertinggal. Karenanya, aksesibilitas ke teknologi digital sangat mendesak. Bersama-sama kita akan bangkit kembali lebih kuat dan bergerak menuju ASEAN sebagai komunitas yang inklusif dan terhubung secara digital,” sambung dia.

Menkominfo menyadari untuk mewujudkan komunitas digital ASEAN, peran sektor informasi dan media dalam meningkatkan kesadaran ASEAN dan mendukung pilar komunitas lain tidak luput dari perhatian.

Baca juga: Akhiri Perdagangan Pekan Ini, IHSG Konsisten di Zona Hijau

“Dalam hal ini, Indonesia ingin menggarisbawahi upaya berkelanjutan AMRI dalam mempromosikan kesiapan digital dan aksesibilitas digital yang inklusif. Hal ini meliputi peningkatan penyiaran digital, peningkatan literasi media dan kesehatan siber, peningkatan kapasitas personel media, serta peningkatan teknologi penyiaran baru,” pungkas Johnny.

Dalam kesempatan itu, Johnny juga menyatakan Indonesia ingin menegaskan kembali nilai-nilai yang melandasi ASEAN. Di bawah platform AMRI, ASEAN berjanji untuk memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk memajukan kerja sama di kawasan. 

"Lebih penting lagi, pertemuan itu menekankan pada penggunaan komunikasi publik yang tepat untuk mempromosikan rasa identitas dan komunitas kawasan yang lebih luas. Sebuah perasaan yang dipandu dukungan panjang ASEAN terhadap multilateralisme, saling menghormati, kedaulatan, kesetaraan dan yang terpenting, demokrasi,” ungkapnya.(OL-11)

 

 

 

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta.

DPR Setujui Anggaran Tahun Depan BNPB Rp1,127 Triliun

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 20 September 2021, 20:17 WIB
Sebanyak Rp331 miliar akan digunakan untuk program...
Dok.PJB

Komit Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan, PJB Raih 16 Penghargaan ISDA 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 20 September 2021, 19:53 WIB
Enam belas penghargaan bagi PJB dalam ISDA 2021 terdiri dari 3 penghargaan pada kategori korporasi dan 11 penghargaan pada kategori...
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Penurunan Kasus Covid-19, Mendorong Tren Penguatan Rupiah

👤Fetry Wuryasti 🕔Senin 20 September 2021, 17:56 WIB
Adanya kenaikan arus modal masuk menyiratkan kepercayaan investor mulai naik, setelah bencana gelombang kedua Covid-19 yang mencatatkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bendungan Rakyat

\PEMERINTAH berkomitmen meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Tanah Air.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya