Senin 08 Maret 2021, 20:52 WIB

KKP Selamatkan 215 Ekor Ikan Dilindungi

mediaindonesia.com | Ekonomi
KKP Selamatkan 215 Ekor Ikan Dilindungi

Antara
Ilustrasi, pelepasan ikan yang dilindungi

 

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) berhasil menyelamatkan sebanyak 215 ekor ikan yang dilindungi dan saat ini telah dilepasliarkan.

‘’Ini hasil operasi pengawasan, dari masyarakat diserahterimakan secara sukarela kepada para pengawas perikanan," ungkap Plt. Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP Antam Novambar dalam siaran pers di Jakarta, Senin (8/3)

Menurut dia, upaya penyelamatan terhadap ikan dilindungi tersebut merupakan implementasi kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono untuk terus menjaga kelestarian sumber daya perikanan. KKP juga telah menetapkan jenis-jenis ikan dilindungi pada awal 2021.

Ia juga mengemukakan bahwa ikan-ikan yang diperoleh dari gelar operasi bersama Stasiun PSDKP Pontianak tersebut dilepasliarkan di Pontianak padaJumat (5/3).

Antam menambahkan sebanyak 135 ikan belida dan 75 ikan ekor balashark diserahterimakan dari para penjual ikan hias di wilayah Pontianak kepada pengawas perikanan setelah mereka mendapatkan pemahaman tentang kebijakan perlindungan terhadap ikan-ikan tersebut.

Antam juga memastikan bahwa upaya-upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melindungi sumber daya perikanan akan terus dilakukan.

Baca juga : Luhut : Ekonomi Digital RI Tumbuh 2 Digit, Kalahkan Malaysia

‘’Kami akan terus sosialisasikan agar masyarakat menjadi paham pentingnya perlindungan terhadap ikan-ikan yang jumlahnya semakin terbatas ini’’ ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pengawasan Pengelolaan Sumber Daya Perikanan, Drama Panca Putra menjelaskan bahwa KKP telah menerbitkan Keputusan Menteri Kelautan Perikanan Nomor 1/KEPMEN-KP/2021 tentang Jenis Ikan Yang Dilindungi.

Hal tersebut, lanjutnya, merupakan upaya KKP untuk menjaga kelestarian sumber daya perikanan khususnya untuk jenis-jenis ikan asli Indonesia yang telah sangat menurun jumlahnya.

‘’Ini merupakan upaya kita semua menjaga keberlanjutan sumber daya perikanan,’’ tegas Drama.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Menteri Kelautan Perikanan Nomor1/KEPMEN-KP/2021, ikan belida dan balashark (Balantiocheilos melanopterus) merupakan jenis ikan yang dilindungi.

Dalam Keputusan tersebut terdapat empat spesies ikan belida yang telah ditetapkan belida borneo (Chitala borneensis), belida Sumatra (Chitala hypselonotus), belida lopis (Chitala lopis), dan belida jawa (Notopterus notopterus).(Ant/OL-2)

 

Baca Juga

.

Subsidi Ongkir Momentum Bangkitkan Perekonomian

👤RO/Micom 🕔Minggu 11 April 2021, 18:20 WIB
Pemerintah sudah menyiapkan Rp500 miliar untuk subsidi ongkir pada...
Antara

Besok, Tol Japek II Arah Cikampek Ditutup Selama 5 Jam

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 11 April 2021, 17:20 WIB
Penutupan itu dalam rangka penggantian nama Jalan Tol Japek II Elevated menjadi Jalan Layang Mohammed Bin Zayed, yakni pangeran dari...
dok japfa

Wajah Baru STP Sambut Semangat Transformasi

👤RO/Micom 🕔Minggu 11 April 2021, 16:19 WIB
Di bidang riset dan inovasi, STP mengembangkan Aquaculture Technology Department dan Animal Health...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tata Ulang Desain Olahraga Nasional untuk Capai Prestasi

 Prestasi tidak dicapai dengan proses singkat. Kerap kali butuh waktu bertahun-tahun untuk meraihnya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya