Jumat 26 Februari 2021, 13:17 WIB

Progres Pembangunan JIS Capai 48,41%

Hilda Julaika | Ekonomi
Progres Pembangunan JIS Capai 48,41%

ANTARA/Puspa Perwitasari
Pekerja menyelesaikan pemasangan rumput untuk lapangan latih di Kompleks Stadion Utama Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta.

 

PERKEMBANGAN realisasi pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) memasuki minggu ke-77 telah mencapai 48,41% dari rencana sebesar 48,28%.

"PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro setahun terakhir ini pembangunan dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun pembangunan proyek tetap menunjukkan deviasi positif sebesar 0,13%," tulis Corporate Communications Manager Jakpro, Melisa Sjach, dalam keterangan resminya, Jumat (26/2).

Baca juga: Hari Ini, IHSG Berpotensi Melemah Terbatas

Melisa juga mengatakan selain dibangun dengan konsep green building, JIS juga nantinya akan memiliki fungsi multi-purpose venue. Artinya, JIS tidak hanya menggelar pertandingan sepak bola saja, melainkan juga kegiatan besar lainnya seperti exhibition maupun konser musik.

Untuk mendukung hal tersebut, JIS bakal dilengkapi dengan atap buka tutup (retractable roof) yang mengadopsi struktur space frame atau kerangka struktural tiga dimensi. Struktur ini terdiri dari bola sendi, dan elemen yang terdiri dari pipa, konus, hexagon, dan baut high tensile (HT).

Untuk diketahui, space frame adalah suatu sistem struktur rangka ruang yang kaku dan ringan serta menggunakan sistem sambungan antar batang yang membentuk segitiga dengan joint-joint yang saling mengunci dengan pola geometri. Struktur rangka space frame ini mudah dipasang, dan dibentuk.

"Desain dengan sistem space frame ini lebih efisien dan lebih cepat dari segi pemasangan dibanding rangka baja profil dengan bentang yang panjang," imbuhnya.

Adapun untuk struktur rangka atap utama saat ini telah tersedia di lokasi proyek JIS dan sedang dalam tahap perakitan terlebih dahulu. Nantinya, atap yang sudah dirakit akan diangkat sekaligus menggunakan metode heavy lifting dengan berat struktur atap mencapai ± 3000 ton pada saat diangkat nanti.

Baca juga: Mentan SYL Optimalkan Peran Kostraling Amankan Stok, Harga Beras

PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro selaku Project Owner JIS bersama pihak KSO JIS, berkomitmen merampungkan milestone proyek ini, sesuai target yang direncanakan pada akhir tahun ini.

“Kita doakan dan kawal bersama agar proyek strategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat rampung sesuai target yang diharapkan,” kata Direktur Proyek Jakpro, Iwan Takwin. (OL-6)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Pengusaha Nasional Didorong Kembangkan Ekosistem Ekonomi Syariah

👤Emir Chairullah 🕔Rabu 14 April 2021, 15:05 WIB
Pemerintah juga menerapkan strategi berupa kolaborasi antarorganisasi yang anggotanya merupakan pemangku kepentingan dan memiliki...
Antara/Hafidz Mubarak A.

Biaya Membengkak, Waskita Karya tidak Naikkan Gaji Pegawai

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 14 April 2021, 14:46 WIB
Dengan jumlah pegawai mencapai 6.000 orang, keselamatan kerja pegawai dianggap menjadi prioritas utama Waskita...
AFP

BI Tak Gegabah Terbitkan Mata Uang Digital

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 14 April 2021, 14:32 WIB
BANK Indonesia ogah terburu-buru menerbitkan mata uang digital untuk diedarkan kepada...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya