Selasa 23 Februari 2021, 19:52 WIB

Penerapan SNI ISO 9001:2015 Kunci Dorong Produktivitas Industri

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Penerapan SNI ISO 9001:2015 Kunci Dorong Produktivitas Industri

Antara/Andika Wahyu
Logo SNI

 

MENTERI Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan, penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO 9001:2015, atau lebih dikenal sebagai Sistem Manajemen Mutu (SMM) menjadi kunci dalam meningkatkan produktivitas industri.

SNI tersebut dikatakan telah diakui secara global sebagai pondasi dasar infrastruktur mutu sebuah organisasi, termasuk perusahaan industri.

“Penerapan SNI ISO 9001:2015 di sektor industri diharapkan dapat menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi proses, biaya, kepuasan konsumen, serta jaminan kepercayaan terhadap kualitas produk yang dihasilkan,” ungkap Agus dalam keterangannya, Selasa (23/2).

Dia menyampaikan, penerapan SNI Sistem Manajemen Mutu, dapat mendukung perusahaan industri dalam membangun budaya kerja yang kondusif dan optimal dalam mewujudkan tujuan bisnisnya.

Baca juga : Semen Baturaja Bangun Distribution Center, Jaga Pasokan Semen

“Mohon SNI Sistem Manajemen Mutu tidak dipandang sebagai pekerjaan tambahan yang memberatkan. SNI ini membantu perusahaan untuk dapat menjaga konsistensi secara berkelanjutan dalam proses pemantauan dan pengukuran kinerja,” ucap Menperin.

Pihaknya pun membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) SNI ISO 9001:2015 yang diselenggarakan secara virtual, pada hari ini. Agus menyebut, pelaksanaan bimtek tersebut sekaligus menandai transformasi Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) menjadi Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI).

“Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 107 tahun 2020. BSKJI diharapkan dapat menjadi lokomotif dan koordinator kebijakan jasa industri, khususnya dalam membina dan menggerakkan industri," pungkas Agus.

Dijelaskan bahwa Bimtek SNI ISO 9001:2015 diikuti oleh sekitar 1.100 peserta dari seluruh Indonesia, dengan latar belakang berbagai sektor industri dan diadakan serentak di seluruh unit BSKJI Kemenperin, dari Banda Aceh sampai Ambon, Maluku. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Kemenko Marves

RI-UEA Kerja Sama Investasi, dari Pariwisata hingga Pertahanan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 05 Maret 2021, 22:52 WIB
"Kami menandatangani Letter of Intent antara pihak Uni Emirat Arab dan juga Gubernur Aceh (Nova Iriansyah). Di mana nanti ada beberapa...
Dok. Hong Kong Kingland

Pengembang Tetap Percaya Diri Tuntaskan Proyek di Masa Pandemi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 05 Maret 2021, 22:49 WIB
“Karena itu, konsumen tidak perlu khawatir proses pembangunan akan molor atau mangkrak. Bahkan, kami berani menjamin bahwa serah...
Dok. SiCepat

Raih Pendanaan, SiCepat bakal Perluas Jaringan dan Ekspansi 

👤Gana Buana 🕔Jumat 05 Maret 2021, 21:43 WIB
CEO SiCepat Ekspres The Kim Hai mengatakan, pendanaan yang diterima SiCepat Ekspres itu untuk memperkuat posisi SiCepat Ekspres sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya