Jumat 15 Januari 2021, 23:30 WIB

Wujudkan Kemandirian Energi, PGN Tingkatkan Pelanggan Rumah Tangga

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Wujudkan Kemandirian Energi, PGN Tingkatkan Pelanggan Rumah Tangga

Dok. PGN
Jaringan gas rumah tangga

 

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) berkomitmen untuk terus meningkatkan pemanfaatan gas bumi guna mewujudkan kemandirian energi nasional. 

Salah satu strategi yang dijalankan ialah dengan menyentuh masyarakat secara langsung melalui program pemenuhan layanan gas bumi terintegrasi.

"Program ini akan mempermudah kehidupan masyarakat modern melalui program pengembangan jaringan gas untuk pelanggan rumah tangga," ujar Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama melalui keterangan resmi, Jumat (15/1). 

Perseroan menargetkan membangun 170 ribu sambungan rumah tangga (SRT) dengan estimasi volume gas sekitar 10 BBTUD pada 2021.

Hingga 2026, PGN memproyeksikan jumlah SRT yang terbangun akan mencapai 5,1 juga unit.

Baca juga : PGN Terus Sempurnakan Infrastruktur Gas Bumi Nasional

“Untuk mendukung terwujudnya target itu, kami tengah mempersiapkan program baru PGN di sektor rumah tangga melalui penyediaan gas bumi dgn integrasi teknologi pipa, nonpipa, dan teknologi fiber optic pengamanan jaringan gas untuk dioptimalisasi sebagai layanan di cluster perumahan,” tambah Rachmat.

Adapun, bagi masyarakat yang kini belum terjangkau infrastruktur pipa gas, perseroan berupaya memberikan layanan gas bumi melalui penyediaan energi alternatif.

Rachmat mengungkapkan strategi tersebut merupakan satu dari tujuh program unggulan atau Sapta PGN yang akan dijalankan hingga 2026 mendatang.

“Pelaksanaan program Sapta PGN mengedepankan pengelolaan infrastruktur gas bumi secara terintegrasi dalam proses bisnis hilir gas bumi mulai dari pengadaan pasokan gas bumi dari berbagai sumber. Kemudian gas bumi disalurkan kepada seluruh segmen pengguna akhir rumah tangga, pelanggan kecil, transporasi (SPBG), pelanggan kecil, komersial, industri dan pembangkit listrik,” jelas Rachmat. (OL-7)

Baca Juga

Ist

Bangun Desa Mandiri, PT TIA Raih CSR & PDB Awards 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:16 WIB
Diraihnya penghargaan ini merupakan bagian dari konsistensi TIA dalam membangun Kemandirian Desa Binaan di sekitar wilayah operasionalnya...
Ist

Ikut Joget Maumere di Bandara Soetta, Erick Thohir Ingin Terus Jaga Kesejahteraan Seniman dan Budayawan Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 20:30 WIB
Bandara internasional sebagai gerbang masuk ke Indonesia harus menjadi panggung tetap bagi para seniman dan budayawan lokal untuk...
Dok.SIG

Dorong Efektivitas Penanganan dan Penyelesaian Masalah Hukum, SIG Kerja Sama dengan Jamdatun

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 19:12 WIB
JAMDATUN memiliki layanan yang berbeda dari law...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya