Selasa 12 Januari 2021, 05:20 WIB

6,1 Juta UMKM Ditargetkan Go Digital Tiap Tahun

Des/Ant/E-2 | Ekonomi
6,1 Juta UMKM Ditargetkan Go Digital Tiap Tahun

Dok : Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)
Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi.

 

MENTERI Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada 6,1 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ditargetkan masuk platform ekosistem digital (on boarding) setiap tahunnya hingga 2023. Dengan demikian, pada akhir 2023 diharapkan ada 30 juta UMKM on boarding.

“Dari target yang ditetapkan Bapak Presiden pada 14 Mei 2020 yaitu 2 juta UMKM/IKM on boarding, kita mampu mencapai 3,7 juta unit UMKM sehingga total ada 11,7 juta UMKM. Selanjutnya, mulai 2021-2023 ditargetkan 6,1 juta UMKM on boarding setiap tahun sehingga mencapai 30 juta UMKM pada akhir 2023,” kata Luhut dalam peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021, kemarin.

Ia mengatakan UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia karena jumlah UMKM mencapai 64 juta yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ia juga mengingatkan semua pihak untuk bisa bekerja sama. Ia meminta semua pihak bahu-membahu menolong UMKM agar mereka bisa terus menciptakan produk bermutu yang bernilai tinggi. “Untuk itu, saya imbau seluruh daerah, seluruh pemangku kepentingan, mari kita sekali lagi bersatu untuk meningkatkan kualitas dan penjualan produk lokal Indonesia,” ujar Luhut.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menargetkan pada 2021 ini ada 12 juta UMKM yang akan terhubung dengan alat pembayaran QR Code Indonesian Standard (QRIS).

“Pada tahun lalu kami telah sambungkan 5,8 juta merchant secara nasional dan hampir semuanya UMKM. Mari tahun ini kita tingkatkan dua kali lipat jadi 12 juta merchant UMKM tersambung secara nasional dengan QRIS,” kata Perry.

Ia menuturkan, dengan terhubung QRIS, UMKM akan mulai masuk ekosistem digitalisasi yang memungkinkan adanya transaksi tanpa tatap muka sehingga pembayaran bisa berlangsung cepat, mudah, aman, dan andal.

“Saya yakin melalui digitalisasi, UMKM kita akan naik kelas, go digital, go export, dan jadi daya dukung ekonomi kita,” tukasnya. (Des/Ant/E-2)

Baca Juga

Antara/Indrianto Eko Suwarso

PLN Beberkan Sejumlah Masalah dalam Perdagangan Emisi Karbon 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:58 WIB
"Oleh karena itu, ketentuan mengenai mekanisme implementasi cap, trade and tax dibutuhkan sebagai rujukan bagi PLN sebagai persiapan...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Paparkan Strategi Indonesia Wujudkan Ekonomi Hijau di World Economic Forum 

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:46 WIB
Menurutnya, laju deforestasi turun signifikan sampai 75 persen pada periode 2019-2020, di angka 115 ribu...
Ist/Kementan

Panen Awal Tahun Bersama Perwakilan FAO, Mentan Pastikan Stok Beras Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 21:02 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo menyebut bahwa produktivitas padi di Karawang selama ini telah berkontribusi maksimal memperkuat stok beras...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya