Selasa 29 Desember 2020, 21:00 WIB

Investasi Rp10 Triliun, Pusri Revitalisasi Dua Pabrik

Dwi Apriani | Ekonomi
Investasi Rp10 Triliun, Pusri Revitalisasi Dua Pabrik

MI/Dwi Apriani
Dirut Pusri Tri Wahyudi Saleh saat pengantongan produksi akhir 2020 dan pengantongan perdana 2021

 

SEBAGAI upaya efisiensi, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang akan merevitalisasi pabrik Pusri III dan IV menjadi pabrik Pusri III-B dengan taksiran investasi senilai Rp10 triliun.

Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Tri Wahyudi Saleh, mengatakan revitalisasi tersebut sebagai upaya perusahaan melakukan efisiensi di bidang produksi pupuk.

‘’Arahnya tentu ke efisiensi, terutama konsumsi gas yang menjadi bahan baku utama dalam produksi pupuk’’ katanya di sela acara pengantongan produksi akhir tahun 2020 dan pengantongan perdana tahun 2021, Selasa (29/12).

Tri menjelaskan saat ini pihaknya masih menyiapkan studi kelayakan (feasibility study/FS) proyek revitalisasi tersebut. Perusahaan pun menargetkan pembangunan dapat dimulai pada tahun depan.

Manajemen juga berkoordinasi dengan PT Pupuk Indonesia (Persero) selaku perusahaan induk BUMN bidang pupuk.

Baca juga :Bank BJB Sepakati Kerja Sama Money Market dengan Mandiri Sekuritas

‘’Rencana ini masih dalam pembahasan dengan Pupuk Indonesia, termasuk juga berkoordinasi untuk pendanaan proyek,’’ katanya.

Sebelumnya, langkah revitalisasi pabrik telah dilakukan perusahaan dengan mengganti Pabrik Pusri II yang berusia 40 tahun menjadi Pusri II-B.

Pabrik Pusri IIB memiliki kapasitas terbesar dibandingkan pabrik lainnya, yakni kapasitas pabrik amonia 2.000 ton per hari dan kapasitas pabrik urea sebanyak 2.750 ton per hari.

Tri melanjutkan secara keseluruhan pada Tahun 2020, realisais produksi pabrik eksisting untuk urea sebanyak 2,05 juta ton per tahun atau 129% darirencana kerja anggaran perusahaan (RKAP).

Sementara produksi amoniak mencapai 1,28 juta ton per tahun. Realisasi itu mencapai 127% dari RKAP. Adapun NPK sebanyak 198.610 ton per tahun atau 122% dari RKAP.

‘’Kami mempunyai misi menyediakan produk dan solusi agribisnis yangterintegrasi, apalagi kami tahun depan bakal mengandalkan penjualan ritel sebagai backbone bisnis perusahaan,’’ katanya. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Susanto

Kisah Perjuangan Para Juragan Jaman Now Mengembangkan Bisnis di Tengah Pandemi

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 22:45 WIB
Pasangan suami istri, Bunda Elis dan Babeh Roni pemilik camilan berbahan singkong bernama Yammy Babeh, selain menjalankan usaha juga...
Antara/Muhamamd Iqbal

Kendaraan Tanpa Awak bakal Jadi Transportasi Utama di IKN

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 21:30 WIB
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menuturkan, kendaraan otonom (autonomous vehicle) itu akan menjadi bagian...
Antara/Syifa Yulinnas

Keran Ekspor CPO Dibuka, Petani Harapkan Harga TBS yang Pantas

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:45 WIB
Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Manurung mengharapkan minggu depan ada kenaikan angka BTS di atas Rp1.000...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya