Kamis 05 November 2020, 11:20 WIB

Yah Bukannya Bikin Pabrik, Anak Cucu Konglo Malah Buka Warung Kopi

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Yah Bukannya Bikin Pabrik, Anak Cucu Konglo Malah Buka Warung Kopi

Dok.MI
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki

 

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyinggung soal keberadaan usaha anak orang kaya atau kolongmerat yang sibuk membangun warung kopi atau usaha makanan dan minuman lainnya.

Teten menyebut, seharusnya mereka yang memiliki modal besar membuka usaha yang lebih luas cangkupannya atau masuk ke industrialisasi.

"Saya lihat problem saat ini ketika anak, cucu kolongmerat itu disekolahkan di luar negeri lalu buka usaha, tapi perusahaanya tidak melompat ke industrialisasi. Malah dia buka warung kopi, warung mie," kata Teten dalam diskusi secara virtual, Kamis (5/11).

Teten menilai, para pengusaha kaya yang menjajaki usaha warung kopi atau usaha makanan dan minuman lainnya itu mengganggu UMKM. Pasalnya, pasar UMKM sendiri, kata Menkop UKM itu memang usaha kecil seperti warung-warung kecil.

"Warung kopi atau warung makan itu kan wilayah UMKM, justru dikuasai mereka (orang kaya). UMKM hanya bisa bikin dua atau tiga toko. Sedangkan, mereka bisa bikin 100 toko dengan teknologi yang ada," ungkap Teten.

Teten mendorong generasi muda yang memiliki modal besar itu untuk berinovasi menciptakan usaha yang lebih modern dengan menggunakan teknologi yang ada, sepeti industri komestik yang kini tengah berkembang di tanah air.

"Orang kaya itu seharusnya mengolah produk kimia, atau komestik. Jangan malah bikin warung kopi. Mohon maaf ini ya, harusnya kita dorong tradisi orang kaya Indonesia harus terlibat dalam pengembangan tekonologi, bukan buka lapak," pungkas Teten. (Ins)

Baca Juga

Foto: BPMI Setpres

Resmikan Apkasi Otonomi Expo 2021, Presiden Ajak Daerah Manfaatkan Peluang Ekspor

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 18:45 WIB
Presiden Jokowi mengapresiasi langkah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dalam menggerakkan ekonomi daerah di...
Mi/Kristiadi

Pertamina: Tak Ada Kelangkaan Solar di Jakarta, Banten dan Jabar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 17:11 WIB
Area Manager Comm Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menjelaskan, stok BBM tersebut...
Antara/Muhammad Iqbal.

Pernyataan Menko Polhukam terkait Pinjol Ilegal tidak Selesaikan Masalah

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 17:00 WIB
OJK mengatakan bahwa peminjam masih harus membayar pokok utang. Yang tidak perlu dibayarkan yakni bunga utang dan denda...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya