Sabtu 29 Agustus 2020, 05:35 WIB

Generasi Milenial Dominasi Rumah Bersubsidi

(Ant/Iam/E-1) | Ekonomi
Generasi Milenial Dominasi Rumah Bersubsidi

ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/pd.
Sejumlah anak bermain di sekitar pembangunan rumah bersubsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Properti (FLPP), Tambun, Kabupaten Bekasi,

 

BANK BTN mengungkapkan segmen generasi milenial dengan usia di bawah 35 tahun mendominasi realisasi penyaluran rumah bersubsidi.

"Kita sudah menyalurkan rumah bersubsidi ini sejak 2012 sampai dengan sekarang 120 ribu unit. Yang mengagetkan saya, ternyata sebagian besar didominasi oleh segmen milenial dengan usia di bawah 35 tahun," ujar Sharia Business Division Head Unit Usaha Syariah (UUS) Bank BTN Alex Sofjan Noor dalam seminar daring di Jakarta, kemarin.

Menurut Alex, dalam periode 2012 hingga Juni 2020, 75% dari total realisasi KPR UUS BTN berasal dari generasi milenial sebesar 92.747 unit.

Alex juga menambahkan bahwa dalam kondisi pandemi covid-19 ini, yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi turun, penyaluran FLPP masih tumbuh sekitar 7%. Bahkan, untuk penyaluran KPR rumah nonsubsidi tumbuh 12%.

"Dengan demikian, sektor perumahan cukup kuat di dalam market, yang mana rumah dianggap sebagai sebuah kebutuhan pokok oleh masyarakat, khususnya generasi milenial," tandasnya.

Dalam paparannya, Alex menyampaikan bahwa generasi milenial memiliki preferensi tersendiri dalam berbagai hal, termasuk memiliki tempat tinggal.

Generasi milenial menginginkan lokasi rumah yang dekat dengan kantor, cenderung menyukai kawasan yang menjanjikan untuk berinvestasi properti, dan angsuran kredit rumah yang fleksibel.

Selain itu, generasi milenial juga menginginkan KPR dengan tenor yang panjang dan proses pembiayaan yang cepat serta ringkas saat ingin memiliki rumah atau hunian pribadi.

Secara terpisah, Retail Banking Division Head Bank BRI Syariah Elvera Melladiana mengatakan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk memiliki rumah.

"Dukungan digitalisasi SiKasep dari PPDPP memudahkan masyarakat memiliki rumah pertamanya. Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga bisa menjadi investasi karena harganya terus naik," ujar Elvera. (Ant/Iam/E-1)

Baca Juga

MI/Ramdani

Ssst, Bank Mandiri Telah Turunkan Suku Bunga Dasar Kredit Juga

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 04 Maret 2021, 07:35 WIB
Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi stimulan yang efektif bagi masyarakat, khususnya pelaku usaha, untuk meningkatkan pembiayaan...
Antara/Saiful Bahri

Masuki Musim Panen, KBI Ingatkan Ada Fasilitas Resi Gudang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 04 Maret 2021, 07:05 WIB
Potensi panen periode Januari – April 2021 diperkirakan mencapai 14,54 juta ton beras atau mengalami kenaikan sebesar 3,08 juta ton...
Dok.Sucofindo

Industri Halal, IHLC Teken MoU dengan PT. Sucofindo

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:46 WIB
Dalam waktu dekat, sinergi yang dilakukan adalah dalam bidang pelatihan literasi halal kepada produsen dan konsumen, industri, UMKM dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya