Sabtu 29 Agustus 2020, 05:35 WIB

Generasi Milenial Dominasi Rumah Bersubsidi

(Ant/Iam/E-1) | Ekonomi
Generasi Milenial Dominasi Rumah Bersubsidi

ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/pd.
Sejumlah anak bermain di sekitar pembangunan rumah bersubsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Properti (FLPP), Tambun, Kabupaten Bekasi,

 

BANK BTN mengungkapkan segmen generasi milenial dengan usia di bawah 35 tahun mendominasi realisasi penyaluran rumah bersubsidi.

"Kita sudah menyalurkan rumah bersubsidi ini sejak 2012 sampai dengan sekarang 120 ribu unit. Yang mengagetkan saya, ternyata sebagian besar didominasi oleh segmen milenial dengan usia di bawah 35 tahun," ujar Sharia Business Division Head Unit Usaha Syariah (UUS) Bank BTN Alex Sofjan Noor dalam seminar daring di Jakarta, kemarin.

Menurut Alex, dalam periode 2012 hingga Juni 2020, 75% dari total realisasi KPR UUS BTN berasal dari generasi milenial sebesar 92.747 unit.

Alex juga menambahkan bahwa dalam kondisi pandemi covid-19 ini, yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi turun, penyaluran FLPP masih tumbuh sekitar 7%. Bahkan, untuk penyaluran KPR rumah nonsubsidi tumbuh 12%.

"Dengan demikian, sektor perumahan cukup kuat di dalam market, yang mana rumah dianggap sebagai sebuah kebutuhan pokok oleh masyarakat, khususnya generasi milenial," tandasnya.

Dalam paparannya, Alex menyampaikan bahwa generasi milenial memiliki preferensi tersendiri dalam berbagai hal, termasuk memiliki tempat tinggal.

Generasi milenial menginginkan lokasi rumah yang dekat dengan kantor, cenderung menyukai kawasan yang menjanjikan untuk berinvestasi properti, dan angsuran kredit rumah yang fleksibel.

Selain itu, generasi milenial juga menginginkan KPR dengan tenor yang panjang dan proses pembiayaan yang cepat serta ringkas saat ingin memiliki rumah atau hunian pribadi.

Secara terpisah, Retail Banking Division Head Bank BRI Syariah Elvera Melladiana mengatakan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk memiliki rumah.

"Dukungan digitalisasi SiKasep dari PPDPP memudahkan masyarakat memiliki rumah pertamanya. Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga bisa menjadi investasi karena harganya terus naik," ujar Elvera. (Ant/Iam/E-1)

Baca Juga

Antara/Maulana Surya

BKPM: Agar Naik Kelas, UMKM Perlu Bermitra

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 17 Januari 2021, 16:33 WIB
BKPM siap memfasilitasi kerja sama antara pengusaha skala besar dan pelaku UMKM. Kemitraan juga akan memberikan multiplier effects kepada...
Antara/Aprillio Akbar

Cegah Kecelakaan Pesawat, AP II dan AirNav Perkuat Koordinasi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 17 Januari 2021, 16:12 WIB
Kedua perusahaan berupaya memastikan keamanan pergerakan pesawat selama di bandara. Kolaborasi AP II dan AirNav diwujudkan melalui konsep...
Antara/Sigid Kurniawan

Hoaks, Pembukaan Pendaftaran Gelombang XII Kartu Prakerja

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 17 Januari 2021, 15:19 WIB
Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan tidak memberikan informasi pribadi ke dalam situs yang bukan milik manajemen pelaksana. Adapun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya