Minggu 18 Agustus 2019, 23:10 WIB

BUMN Bangun Monumen Fatmawati

Andhika Prasetyo | Ekonomi
BUMN Bangun Monumen Fatmawati

ANTARA FOTO
PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) bersama 11 perusahaan BUMN lainnya membangun monumen Pahlawan nasional Fatmawati di kota Bengkulu.

 

DENGAN tema BUMN hadir  untuk negeri, sejumlah BUMN gelar kegiatan perayaan HUT Ke-74 Kemerdekaan Indonesia di tengah masyarakat. Salah satu kegiatan yang menarik ialah pembangunan monumen sejarah berupa patung Fatmawati di Bengkulu yang digagas oleh Bank Tabungan Negara (BTN) bersama 11 BUMN lainnya, Sabtu (17/8) lalu.

Bersama tak kurang dari 10.000 warga Bengkulu, Direktur Utama BTN Maryono bergabung dalam prosesi peletakan batu yang dilaksanakan di Simpang Lima Bengkulu.

"Ini merupakan momen yang tepat ketika kita melaksanakan program BUMN hadir untuk negeri pada saat HUT RI di Bengkulu. Ini merefleksikan nilai-nilai kebangsaan, bagaimana masyarakat, setidaknya di kota ini, dapat mengenang jasa pahlawan. Ibu Fatmawati ialah pahlawan, yang karena jasanya, bendera pusaka Merah Putih itu ada. Itulah mengapa  kami membangun monumen Fatmawati di Bengkulu," kata Maryono.

Ia menambahkan, pembangunan monumen itu bukan tanpa sebab. Pertama, Bengkulu ialah tempat pengasingan Bapak Proklamasi Soekarno yang menjadi bagian dari sejarah panjang perjalanan Indonesia meraih kemerdekaan. Kedua, Bengkulu ialah kota kelahiran pahlawan nasional Fatmawati, yang menjahit bendera pusaka Merah Putih untuk dikibarkan saat Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan BUMN hadir untuk negeri di wilayah Bengkulu ditutup dengan acara gerak jalan sehat dan pasar murah BUMN. Sekitar 5.000 masyarakat di wilayah Bengkulu bergabung dalam acara jalan sehat tersebut.

Pada kesempatan itu, Maryono memastikan BTN siap mendorong pertumbuhan ekonomi di Bengkulu agar bisa lebih maju lagi. Salah satunya melalui pengembangan sentra-sentra ekonomi agar masyarakat tambah sejahtera.

"Pembangunan Bengkulu yang masih tertinggal dengan daerah lainnya karena berjauhan dengan infrastruktur, misalnya Trans-Sumatra, kemudian tol. BUMN punya pemikiran untuk mendorong pembangunan agar bisa mengurangi ketertinggalan dari daerah lainnya. BTN melihat Bengkulu bisa disentuh dengan program sejuta rumah, salah satunya dengan KPR mikro," ujarnya.

Undang pelajar Maluku
PT Pupuk Indonesia mengundang 23 pelajar sekolah menengah atas (SMA) sederajat dan sekolah luar biasa (SLB) terpilih dari Maluku untuk berkunjung ke DKI Jakarta guna merayakan HUT Ke-74 Republik Indonesia.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat, selaku penanggung jawab BHUN wilayah DKI Jakarta, mengungkapkan, dalam sepuluh hari ke depan, para pelajar yang ikut dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) akan diberi pemahaman mengenai beberapa BUMN.

"Mereka akan diajak mengenal BUMN dengan mengunjungi pabrik-pabrik dan proyek-proyek BUMN yang ada di Jakarta dan sekitarnya," tutur Aas, kemarin.

Para siswa juga akan diberi edukasi tentang pemanfaatan teknologi di Rumah Kreatif BUMN. Tak lupa, mereka juga akan menjajal moda raya terpadu dan mengunjungi berbagai lokasi bersejarah, seperti Monas, Masjid Istiqlal, dan Gereja Katedral. (E-2)

Baca Juga

dok.Ant

Emas Terdongkrak 9,9 Dolar Karena Ukraina Bergolak

👤Muhammad Fauzi 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:36 WIB
HARGA Emas berjangka menguat pada akhir perdagangan Senin atau Selasa pagi WIB (25/1), karena aksi jual secara luas di Wall Street dan...
Brandon Bell/Getty Images/AFP

Harga Minyak Dunia Jatuh Dua Persen Terpukul Kekhawatiran Investor

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 06:49 WIB
Terpukul kekhawatiran investor atas kemungkinan kenaikan suku bunga yang lebih cepat dari perkiraan oleh Federal Reserve...
Dok. DSC12

Kompetisi Wirausaha DSC12 Lahirkan Ide Bisnis Startup Digital Hingga Bisnis Ramah Lingkungan 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:06 WIB
Seluruh pemenang DSC12 ini juga akan mendapatkan kesempatan pendampingan bisnis dari DSC selama 2 tahun ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya