Selasa 16 Juli 2019, 18:30 WIB

RUU Pertanahan untuk Kepentingan Masyarakat

Andhika Prasetyo | Ekonomi
RUU Pertanahan untuk Kepentingan Masyarakat

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Petugas memeriksa kelengkapan berkas untuk pembuatan sertifikat tanah di Kantor Pertanahan

 

KEMENTERIAN Agraria dan Tata Ruang menekankan pembahasan Rancangan Undang-Undang Pertanahan yang diupayakan segera disahkan menjadi Undang-Undang Pertanahan demi memberikan keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Kepala Bagian Biro Hukum dan Humas Kementerian Agraria dan Tata Ruang Harison Mocomdompis mencontohkan salah satu keadilan yang dimaksud ialah dengan memberi kebebasan terbatas pada lahan-lahan Hak Guna Usaha (HGU) yang tidak diusahakan.

Selama ini, banyak lahan milik perusahaan yang tidak dimanfaatkan selama bertahun-tahun hingga akhirnya tersia-siakan begitu saja. Hal itulah, lanjut Harison, yang ingin dihindari di masa mendatang.

Melalui Undang-Undang Pertanahan yang saat ini masih berupa rancangan dan dalam pembahasan di parlemen, lahan yang dicadangkan dan tidak diusahakan dalam jangka waktu tertentu nantinya akan diambil alih oleh negara dan dimaksimalkan untuk kepentingan masyarakat.

Sedianya, pencadangan lahan selama ini telah diatur dalam UU perkebunan. Apabila tidak diusahakan dalam jangka 6 tahun, pemerintah akan mengevaluasi. Bahkan, 50% dari lahan yang ada bisa diambil alih.

Baca juga: RUU Pertanahan Belum Sejalan Harapan Presiden Jokowi

Namun, pada kenyataannya regulasi tersebut tidak berjalan maksimal karena kurang sinergi antarkementerian.

"Jadi kalau ada yang bilang ini tidak adil, itu sangat tidak benar. Tidak ada yang bermaksud berpihak atau kurang adil," ujar Harison kepada Media Indonesia, Selasa (16/7).

Ia mengungkapkan, seluruh tahapan konsultasi publik telah dilalui oleh pemerintah dan DPR sehingga setiap ada masukan masukan pasti dibicarakan.

"Hanya mungkin beberapa pihak masih memegang infoemasi lama yang belum terupdate berdasarkan hasil konsultasi publik terakhir," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/Raisan Al Farisi

Terkoneksi LRT dan KA Feeder, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Cuma Sejam

👤Insi Nantika Jelita, Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 05 Desember 2022, 10:46 WIB
Dengan menggunakan LRT Jabodebek, penumpang cukup menempuh waktu selama 20 menit dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun LRT...
dok.Ant

Harga Minyak Naik setelah OPEC+ Tahan Target Produksi Minyak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 05 Desember 2022, 09:35 WIB
HARGA minyak naik tipis di awal perdagangan setelah negara-negara OPEC+ menegaskan kembali target produksi minyak mereka menjelang larangan...
Ist

Kuasai Pasar Indonesia, GT Man Raih Dua Penghargaan Sekaligus

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 09:08 WIB
GT Man, merek pakaian dalam pria asli Indonesia, meraih dua penghargaan bergengsi Superbrands Indonesia's Award...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya