Sabtu 06 Juli 2019, 22:10 WIB

Harga Avtur Pertamina Dinilai Lebih Kompetitif

Antara | Ekonomi
Harga Avtur Pertamina Dinilai Lebih Kompetitif

ANTARA
Petugas mengisi avtur untuk penerbangan

 

DIREKTUR Eksekutif Center for Energy Policy, M Kholid Syeirazi, mengatakan, harga avtur Pertamina cukup kompetitif, bahkan lebih murah jika dibandingkan dengan kompetitor di kawasan regional, seperti Singapura dan Malaysia.

“Di Asia Tenggara, Pertamina sudah mendistribusikan avtur dengan harga sangat bersaing,” kata Kholid di Jakarta, Sabtu (6/7).

Jika dibandingkan dengan beberapa perusahaan migas lain di berbagai bandara di Asia, harga avtur Pertamina memang paling rendah, seperti di Bandara Juanda, dipatok Rp9.673,31 per liter dan di Bandara Soekarno Hatta Rp8.735,76/liter.

Harga itu jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan produk Shell yang dijual di Asia Tenggara, seperti di Bangkok, seharga Rp9.961,85, di Manila Rp13.309,15, di Kuala Lumpur Rp10. 169,66, dan Singapura Rp11.834,91.

Terkait hal itu, Kholid menilai, pemerintah tidak perlu memberi izin kepada perusahaan swasta dalam bisnis avtur. Apalagi terbukti bahwa perusahaan swasta yang berpeluang menjual avtur di Indonesia, yaitu AKR, tidak berkomitmen mendukung program pemerintah.

Dalam hal ini, sejak 12 Mei, AKR menolak menjual solar bersubsidi di seluruh SPBU-nya. Alasannya, karena formula harga BBM dinilai kurang pas sehingga harga jual tidak sesuai dengan keekonomian.

 

Baca juga: Pertamina Ekspor Cairan Fluida Perdana ke Aljazair

 

Menurut dia, sikap itu justru menegaskan bahwa perusahaan tersebut tidak layak masuk ke bisnis avtur di Tanah Air. Bahkan seharusnya, lanjutnya, perusahaan tersebut diberi hukuman atas penghentian penugasan dari pemerintah mendistribusikan BBM jenis solar bersubsidi.

Dan hukuman yang dapat diberikan terhadap swasta yang menghentikan penugasan secara sepihak ialah pencabutan izin niaga perusahaan tersebut.

"Saya malah mendukung sanksi ke penyalur swasta tersebut karena menghambat program pemerintah terkait distribusi BBM satu harga," ujar Kholid.

Senada dengan itu, peneliti Indef, Nailul Huda, juga mengatakan bahwa harga avtur Pertamina memang sangat bersaing.

“Terutama di Bandara Soekarno Hatta, yang begitu kompetitif jika dibandingkan dengan bandara di ASEAN seperti Changi di Singapura ataupun bandara di Kuala Lumpur,” kata dia.

Untuk itu, menurut dia, tingginya harga tiket pesawat selama ini, bukan sepenuhnya disebabkan avtur, melainkan banyak komponen biaya lain yang juga berpengaruh terhadap harga tiket pesawat. (OL-11)

 

Baca Juga

Antara/Syifa Yulinnas

Keran Ekspor CPO Dibuka, Petani Harapkan Harga BTS yang Pantas

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:45 WIB
Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Manurung mengharapkan minggu depan ada kenaikan angka BTS di atas Rp1.000...
Ist

Asya Hadirkan Hunian Mewah Bertema Post-Pandemic

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 18:27 WIB
Rumah mengangkat konsep Tropical Modern ramah lingkungan dan didesain untuk menjawab kebutuhan hunian di era new...
DOK Sinar Mas Land.

Southgate Residence Beri Keringanan Pembelian Apartemen Bersama Jendela360

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:11 WIB
Kerja sama itu diluncurkan pada Southgate Expo pada 21-29 Mei 2022 di Main Atrium AEON Mall...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya