Jumat 18 November 2022, 08:30 WIB

Arab Saudi akan Membuat Kapal Pesiar Terbesar di Dunia Berbentuk Kura-Kura

Devi Harahap | Weekend
Arab Saudi akan Membuat Kapal Pesiar Terbesar di Dunia Berbentuk Kura-Kura

Lazzarini Design Studio
desain kapal pesiar Pangeos yang akan dibuat Arab saudi

 

Arab Saudi resmi mengumumkan rencana pembangunan kapal pesiar raksasa unik berbentuk kura-kura. Megaproyek kapal pesiar yang diberi nama Pangeos itu akan menjadi bangunan terapung terbesar yang pernah dibangun. Proyek ini menelan biaya hingga US$5 miliar atau setara Rp78 triliun.

Kapal pesiar ini dilengkapi fasilitas canggih yang belum pernah dimiliki kapal pesiar manapun. Dengan bentang sepanjang 550 meter dan memiliki lebar 610 meter, kapal ini bisa menampung hinhga 60.000 orang.

Saat selesai nanti, Pangeos akan diluncurkan dari galangan kapal di Arab Saudi dan tidak akan menetap di suatu tempat tertentu, melainkan akan terus berlayar keliling dunia.

Selain itu, pangeos akan dilengkapi dengan hotel, pusat perbelanjaan, taman serta pelabuhan dan landasan pacu, menurut desainer Italia Lazzarini. Pangeos juga ditenagai sembilan mesin yang sepenuhnya bertenaga listrik. Mesin-mesin ini akan menjaga kapal pada kecepatan konstan 5 knot.

Di bagian bawah kapal, tim desain juga menyertakan 30.000 sel, atau kompartemen kluster, dan memberikan solusi terapung yang tidak dapat tenggelam untuk ruang bawah tanah. Tak cuma itu, terayacht Pangeos dilengkapi dengan serambi yang terletak di buritan kapal, yang memungkinkan kapal memasuki kota.

Perusahaan yang menangani desain kapal berharap rencana tersebut menjadi kenyataan setelah mengadakan penggalangan dana dengan menawarkan kesempatan kepada pelanggan untuk mengakses rencana tersebut melalui token digital yang tidak dapat disalin atau ditukar (NFT).

"Ruang virtual kapal juga dapat dibeli di bawah koleksi NFT di mana pengguna dapat mengumpulkan konten tertentu dan mengaksesnya secara virtual," kata Lazzarini, seorang desainer asal Italia seperti dilansir The Sun pada Kamis (17/11).

Pembangunan kapal pesiar tersebut diperkirakan memakan waktu hingga delapan tahun. Perancang mengusulkan agar galangan kapal dibangun khusus untuk proyek tersebut.

"Terayatch (raksasa yacht) membutuhkan terashipyard (galangan kapal raksasa). Konsep kapal sebesar itu membutuhkan galangan kapal khusus untuk mengapungkan yacht saat diluncurkan,” ujar sang desainer.

Lebih lanjut menurut Lazzarini, Pangeos akan dapat menggunakan 'sayap' untuk berlayar tanpa menggunakan energi, menjadikannya struktur yang ramah lingkungan.(M-3)

 

Baca Juga

Dok. Penerbit Haru

Misteri Dua Sahabat dari Minato Kanae

👤Pro/M-2 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 07:50 WIB
BAGI penggemar sastra populer Asia, khususnya yang bergenre misteri dan thriller, nama Minato Kanae mungkin sudah tak lagi...
Dok. Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)

Menari Bersama Hantu Masa Lalu

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 07:45 WIB
Penggunaan bahasa Bali membuat novel ini memiliki nuansa lokal yang sangat kental. Pembaca akan dibuat merasa lebih dekat dengan cerita...
Dok. Colorbox

Colorbox Luncurkan Koleksi Kolaborasi dengan BT21

👤Putri Rosmalia 🕔Jumat 09 Desember 2022, 21:35 WIB
Jenama Colorbox merilis koleksi kolaborasi terbaru mereka, kali ini dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya