Senin 31 Oktober 2022, 17:40 WIB

Sastra Menjadi Ruang Ekspresi Generasi Z dan Milenial

Nike Amelia Sari | Weekend
Sastra Menjadi Ruang Ekspresi Generasi Z dan Milenial

Dok.mi
Poster kegiatan Festival Bahasa dan Sastra

 

Gelaran Indonesia Sejati Festival Bahasa dan Sastra 2022 yang digelar kembali di tahun ini dimulai pada 16 September hingga 31 Oktober 2022. Pada tahun kedua festival ini mengambil tema besar yaitu Sastra untuk Menyelamatkan Bumi. Tema ini dipilih karena masih ada lanjutan dari tema sayembara tahun lalu yakni dunia pascapandemi.

Digelarnya festival ini di tahun 2022 untuk melanjutkan komitmen Media Indonesia mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia. Festival ini sekaligus mendorong anak muda terutama generasi milenial untuk kembali kepada bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Kegiatan ini tidak hanya mengadakan kegiatan webinar seputar bahasa melainkan juga ada lomba cerpen dan pembacaan puisi. 

Direktur Pemberitaan Media Indonesia (MI), Ade Alawi, mengungkapkan mengembangkan bahasa dan sastra juga merupakan tugas media. "Dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, media juga berperan sebagai edukasi," kata Ade dalam kata pengantarnya sebelum sesi Gelar Wicara Bahasa Gaul bertajuk Haruskah Khawatir dengan Bahasa Gaul? dalam rangkaian acara Indonesia Sejati Festival Bahasa dan Sastra 2022 yang digelar Media Indonesia secara hybrid (luring dan daring) di Lobby Grand Metro Tv, Senin (31/10).

Sebab itu, lanjutnya, festival ini mengadaakan kegiatan diskusi, salah satunya diskusi seputar bahasa gaul.  Di luar rangkaian acara lainnya seperti lomba penulisan cerpen.

"Sastra adalah ruang ekspresi baik lisan maupun tulisan. Untuk lomba cerpen, Alhamdulillah ada sekitar 500 pengirim naskah masuk, menariknya gen Z dan milenial. Berarti tidak benar mereka meninggalkan sastra. Ini fenomena yang mesti terus dikembangkan," jelasnya.(M-3).

Baca Juga

Dok. Kemkes.go.id

Studi: Kecukupan Protein Lindungi Wanita dari Patah Tulang Pinggul

👤Nike Amelia Sari 🕔Jumat 02 Desember 2022, 10:56 WIB
Kecukupan asupan protein pada wanita dapat secara signifikan menurunkan resiko patah tulang...
Dok. MI/ Putri Rosmalia

The Apurva Kempisnki Bali Buka Gallery of Art and Music

👤Putri Rosmalia 🕔Jumat 02 Desember 2022, 10:33 WIB
The Apurva Kempinski Bali menghadirkan suguhan berupa perpaduan seni rupa dan musik pada Gallery of Art and...
Alexander NEMENOV / AFP

Penerbit di Rusia Khawatir Kembalinya Aturan Sensor Era Soviet

👤Adiyanto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 10:08 WIB
Pekan lalu, anggota parlemen menyetujui RUU yang melarang segala bentuk propaganda LGBTQ baik melalui buku, film, media, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya