Rabu 03 Maret 2021, 09:04 WIB

Mausoleum Kaisar ini Dibuka Setelah Tutup 14 Tahun

Galih Agus Saputra | Weekend
Mausoleum Kaisar ini Dibuka Setelah Tutup 14 Tahun

Andreas Solar/AFP
Mausoleum Kaisar Agustus

Mausoleum yang dibangun dua milenium lalu untuk kaisar Romawi pertama, Augustus akhirnya dibuka kembali untuk umum. Makam itu sebelumnya ditutup selama kurang lebih 14 tahun karena kondisi dirasa tidak memungkinkan bagi pengunjung.

Proyek restorasi berlangsung selama kurang lebih lima tahun. Dana yang dihabiskan mencapai $ 12,25 juta (Rp175,5 miliar), meliputi pembersihan sampah, hingga penebangan pohon yang tumbuh di sejumlah dinding makam.

Menjulang di atas pusat bersejarah Roma, makam kuno ini pernah digunakan sebagai pusat komando militer dan tempat pesta mewah dinasti Romawi. Kini, hanya sepuluh orang yang diizinkan masuk dalam sekali kunjungan dan mereka juga diwajibkan memakai masker.

Walikota Roma, Virginia Raggi mengatakan mausoleum Agustus merupakan simbol penting pemulihan kota dan seluruh negeri setelah dilanda pandemi covid-19. Selain itu, ia juga merasa Roma perlu memanfaatkan masa lalu untuk melihat ke masa depan. 

"Akhirnya mausoleum Augustus dibuka kembali dan kami memulihkan permata warisan umat manusia setelah bertahun-tahun ditutup," katanya, seperti dilansir dari Daily Mail, Selasa, (2/3).

Mausoleum Augustus merupakan salah satu makam monumental terbesar di dunia. Ia melingkar di dekat Via Ripetta, dan membentang di sepanjang sungai Tiber.

Pertama kali dibangun 2.000 tahun lalu, ia berada di jantung ibu kota Italia yang sangat sibuk dengan pusat perbelanjaan dan restoran. Selama bertahun-tahun kemudian, strukturnya juga pernah digunakan untuk taman gantung, auditorium adu banteng, bahkan ruang pertunjukan kembang api.

Awal abad lalu, tempat ini juga sempat menjadi teater besar untuk menggelar konser dan opera. Bangunan melingkar dengan diameter 295 kaki (89 meter) dan tinggi 137 kaki (41,7 meter) ini konon dulunya dibangun karena terinspirasi dengan makam Alexander Agung yang terletak di Alexandria, Mesir. (DailyMail/M-2) 

Baca Juga

Sajjad HUSSAIN / AFP)

Kebiasaan Mengonsumsi Madu Ternyata Sudah Dimulai 3.500 Tahun Lalu

👤Galih Agus Saputra 🕔Kamis 15 April 2021, 04:10 WIB
Wilayah ekskavasi Breunig bersama Dunne di Nok kini dianggap sebagai situs perburuan madu tertua yang pernah...
123RF/Katarzyna BiaƂasiewicz

Ini yang Dapat Dilakukan untuk Melalui Masa Duka

👤Irana 🕔Rabu 14 April 2021, 23:11 WIB
Duka adalah proses yang cukup sepi tanpa kita perlu mengisolasi...
Ist

Mengenal Keunggulan Daging Sapi Khas Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 22:45 WIB
Daging sapi wagyu fullblood merupakan daging yang berasal 100% dari genetika sapi Jepang dan dibesarkan dengan menggunakan teknik...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya