Rabu 03 Maret 2021, 09:04 WIB

Mausoleum Kaisar ini Dibuka Setelah Tutup 14 Tahun

Galih Agus Saputra | Weekend
Mausoleum Kaisar ini Dibuka Setelah Tutup 14 Tahun

Andreas Solar/AFP
Mausoleum Kaisar Agustus

 

Mausoleum yang dibangun dua milenium lalu untuk kaisar Romawi pertama, Augustus akhirnya dibuka kembali untuk umum. Makam itu sebelumnya ditutup selama kurang lebih 14 tahun karena kondisi dirasa tidak memungkinkan bagi pengunjung.

Proyek restorasi berlangsung selama kurang lebih lima tahun. Dana yang dihabiskan mencapai $ 12,25 juta (Rp175,5 miliar), meliputi pembersihan sampah, hingga penebangan pohon yang tumbuh di sejumlah dinding makam.

Menjulang di atas pusat bersejarah Roma, makam kuno ini pernah digunakan sebagai pusat komando militer dan tempat pesta mewah dinasti Romawi. Kini, hanya sepuluh orang yang diizinkan masuk dalam sekali kunjungan dan mereka juga diwajibkan memakai masker.

Walikota Roma, Virginia Raggi mengatakan mausoleum Agustus merupakan simbol penting pemulihan kota dan seluruh negeri setelah dilanda pandemi covid-19. Selain itu, ia juga merasa Roma perlu memanfaatkan masa lalu untuk melihat ke masa depan. 

"Akhirnya mausoleum Augustus dibuka kembali dan kami memulihkan permata warisan umat manusia setelah bertahun-tahun ditutup," katanya, seperti dilansir dari Daily Mail, Selasa, (2/3).

Mausoleum Augustus merupakan salah satu makam monumental terbesar di dunia. Ia melingkar di dekat Via Ripetta, dan membentang di sepanjang sungai Tiber.

Pertama kali dibangun 2.000 tahun lalu, ia berada di jantung ibu kota Italia yang sangat sibuk dengan pusat perbelanjaan dan restoran. Selama bertahun-tahun kemudian, strukturnya juga pernah digunakan untuk taman gantung, auditorium adu banteng, bahkan ruang pertunjukan kembang api.

Awal abad lalu, tempat ini juga sempat menjadi teater besar untuk menggelar konser dan opera. Bangunan melingkar dengan diameter 295 kaki (89 meter) dan tinggi 137 kaki (41,7 meter) ini konon dulunya dibangun karena terinspirasi dengan makam Alexander Agung yang terletak di Alexandria, Mesir. (DailyMail/M-2) 

Baca Juga

123RF

Terpapar Polusi Udara Selama Kehamilan Pengaruhi Kecerdasan Anak yang Lahir

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 01 Februari 2023, 23:55 WIB
Ibu hamil yang sering terpapar polusi udara seperti partikulat (PM) 10 dan PM 2,5 memiliki balita dengan skor kognitif lebih...
Unsplash/ Jefferson Santos

Ini Jenis Pekerjaan Paling Dicari di Darknet

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 01 Februari 2023, 20:30 WIB
Umumnya, kualifikasi pekerjaan yang dicari termasuk membuat halaman malware dan phising, membahayakan infrastruktur perusahaan, meretas...
Instagram @gitacintadarismafilm

Tujuh Film Indonesia di Bioskop Februari Ini

👤Fathurrozak 🕔Rabu 01 Februari 2023, 20:20 WIB
Film drama dan horor mendominasi layar bioskop pada Februari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya