Rabu 27 Januari 2021, 11:30 WIB

Kisah Anjing June dan Kopi Sebelum Bermain Film

Fathurrozak | Weekend
Kisah Anjing June dan Kopi Sebelum Bermain Film

Dok. Netflix film June & Kopi
June dan Kopi yang menjadi pemeran film June & Kopi merupakan anjing yang diadopsi sutradara dari tempat penampungan.

ESOK, sebuah film dengan bintang utama dua ekor anjing akan tayang di layanan OTT, Netflix. Film berjudul June & Kopi itu diperankan oleh June yang merupakan anjing jenis Mongrel Street Dog dan Kopi yang merupakan jenis Staffordshire Terrier.

June dan Kopi merupakan anjing yang diadopsi sutradara Noviandra Santosa dari penampungan (shelter). 
Dalam konferensi pers virtual, Senin, (25/1), Noviandra mengungkapkan jika naskah film telah ia buat sebelum menemukan anjing pemeran. Ia pun sempat lama menemukan anjing yang cocok dari shelter.


“Pas nulis, aku bebas enggak ada ekspektasi terhadap anjing yang bisa dilatih apa enggak. Sebelum ketemu June dan Kopi, kami menghabiskan waktu sekitar sampai enam bulan di shelter, enggak ketemu-temu. Kami saat itu enggak tahu apa yang dicari," tuturnya.

Noviandra kemudian berkonsultasi dengan pelatih binatang di Amerika Serikat. "Mereka bantu kami untuk musti lihat pelatihan itu shot by shot. Setiap shot di layar, maunya kelihatannya seperti apa sih? Karena tidak bisa ngomong, jadi perlu ada latihan gestur untuk bisa convey emosi,” tambahnya. 

Alasan Novi memilih anjing dari tempat penampungan pun adalah karena selama ini ia melihat banyak anjing yang terlantar dan membutuhkan keluarga baru. Novi pun sebelumnya punya pengalaman menjadi orangtua asuh (fostering) sampai 60 anjing.

June yang ia adopsi di usia setahun dan Kopi di usia 5 tahun, harus berlatih hingga tiga bulan sampai akhirnya siap beradu akting dengan Acha Septriasa dan Ryan Delon. Kedua anjing itu juga memiliki pemeran pengganti (stunt in) untuk menghindari kelelahan saat syuting.

“Tidak mau push anjing sampai kelelahan. Dalam sehari selama syuting, kalau sudah lelah ya diganti. Mereka kan tetap binatang, enggak boleh dipaksa,” kata Noviandra.

Pengalaman syuting dengan binatang diakui Noviandra memiliki tantangan tersendiri karena bukan sekadar melatih trik. Anjing juga harus dilatih akting dan emosi sehingga Noviandra yang juga bertindak sebagai pelatih harus memikirkan dengan detil setiap adegan.

Sebagai contoh, perbedaan jarak yang harus dilalui anjing saat beradegan membutuhkan trik yang berbeda pula. "Mereka juga belajar untuk berinteraksi dengan orang lain yang bukan pelatih June dan Kopi. Harus diajari cara menatap si pemain, dengerin pelatih dari jauh, dan enggak boleh lihat," pungkasnya. (M-1)

Baca Juga

Ist

Start-up Lokal Ini Padukan Kopi dan Ayam Goreng

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:00 WIB
Ayam goreng merupakan salah satu  makanan yang paling disukai masyarakat...
Daniel ROLAND / AFP

Berburu jadi Gaya Hidup Baru Generasi Muda di Jerman

👤Adiyanto 🕔Kamis 25 Februari 2021, 16:30 WIB
Lisensi berburu kini semakin populer di Jerman, negara yang mayoritas penduduknya gemar mengonsumsi...
Unsplash/ Jason Leung

Koi Tertua di Dunia Diperkirakan Berusia 226 Tahun

👤Galih Agus Saputra 🕔Kamis 25 Februari 2021, 14:45 WIB
Ikan bernama Hanako itu mati pada 1977 dan usianya diyakini masih yang terpanjang hingga saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya