Senin 11 Januari 2021, 21:00 WIB

Orangutan Tertua di Dunia Meninggal di Kebun Binatang Oregon

Galih Agus Saputra | Weekend
Orangutan Tertua di Dunia Meninggal di Kebun Binatang Oregon

katu.com
Inji

 

Inji, orangutan tertua di dunia, dikabarkan meninggal di Kebun Binatang Oregon, Portland, Amerika Serikat. Spesies asal Sumatra itu meninggal di usia 61 tahun lantaran kesehatannya kian memburuk dalam beberapa pekan terakhir.

Staf kebun binatang mengatakan Inji hampir tidak menunjukkan minat pada makanan beberapa waktu belakangan. Kondisinya juga tak kunjung pulih setelah mendapat perawatan dari dokter kebun bintang.

"Kami tahu dia tidak bisa hidup selamanya, tetapi ini sangat menyakitkan, dan saya tahu banyak pengunjung yang berduka bersama kami. Kemampuan Inji untuk terhubung dengan orang-orang sungguh luar biasa. Dia menginspirasi generasi kita," kata Staf Kebun Binatang Oregon, Bob Lee, seperti dilansir dari Daily Mail, Senin, (11/1).

Inji ialah salah satu orangutan liar yang masa hidupnya lebih dari 20 tahun. Ia dibawa ke kebun binatang Oregon ketika berusia kurang lebih satu tahun pada 30 Januari 1961. Inji lahir di alam liar dan kala itu ditemukan di jalur perdagangan hewan liar.

"Kami bersyukur bisa memberi Inji rumah yang bagus, tapi sangat memilukan ketika memikirkan keadaan yang membawanya ke sini. Meskipun perdagangan hewan liar sekarang ilegal, perdagangan itu tetap ada. Ini menjadi ancaman utama bagi kelangsungan hidup orangutan, bersama dengan hilangnya habitat," imbuh Spesialis Primata Oregon, Asaba Mukobi. (OL-12)

Baca Juga

MI

Sudoku edisi 26 Juni 2022

👤MI 🕔Minggu 26 Juni 2022, 06:10 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Debat di TV

👤M. Tiyok 🕔Minggu 26 Juni 2022, 05:55 WIB
WAH seru nih nonton acara...
Butet K

Bung Sentil: Jurus Boros

👤Butet K 🕔Minggu 26 Juni 2022, 05:35 WIB
WUAAAH, di Kebumen bupatinya kena penalti 1M dari rakyatnya gara-gara mengubah nama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya