Minggu 06 Desember 2020, 02:55 WIB

Jufri Naz: Pasar Tradisional Manfaatkan Daring

Bagus Pradana | Weekend
Jufri Naz: Pasar Tradisional Manfaatkan Daring

MI/SUMARYANTO BRONTO
Jufri Naz

SEPERTI halnya yang terjadi pada berbagai tempat belanja, Pasar Dinoyo di Kota Malang, Jawa Timur, terimbas pandemi. Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang sempat berlaku di sana membuat pengunjung pasar turun hingga 90%.

“Tidak ada pengunjung. Kami pun berpikir kalau efeknya nanti ke pedagang dan juga petani,” papar Jufri dalam Kick Andy show, episode Pandemi Ketulusan, yang tayang Minggu (6/12).

Di pasar tersebut, menurutnya, terdapat 710 pedagang dengan 1.588 kios. Untuk mencegah kerugian lebih besar akibat pandemi, pengelola pasar berinovasi dengan membuat layanan transaksi daring dan layanan antar.

Jufri mengungkapkan, pelaksanaan layanan itu cukup sederhana, yakni dengan memanfaatkan aplikasi Whatsapp. Setelah pembayaran dilakukan secara nontunai, baik dengan transfer maupun dengan aplikasi dompet digital, barang akan segera diantar kurir yang telah disediakan pihak pengelola pasar. Setelah cukup lancar berjalan, pengelola pasar mengintegrasikan sistem layanan tersebut ke website pasar.id agar lebih efektif pemanfaatannya.

Awalnya layanan daring itu hanya direspons 50 pedagang. Setelah melihat keberhasilan yang ada, barulah pedagang lain bergabung hingga kini ada sekitar 350 pedagang yang memanfaatkan layanan daring.

Platform daring yang diterapkan di Pasar Dinoyo sekarang menjadi percontohan bagi pasar-pasar lain di Kota Malang. Kini telah ada sekitar 21 pasar di Kota Malang yang sudah menerapkan sistem yang sama. (Bus/M-1)

Baca Juga

Unsplash.com/Jez Timms

Ilmuwan Berhasil Membuat Daging di Laboratorium

👤Galih Agus Saputra 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:00 WIB
Penelitian tersebut dilakukan karena melihat tingginya permintaan daging di pasaran, sementara proses produksi daging di peternakan dirasa...
Unsplash/ Kevin Gent

Ini Bahayanya Pertengkaran Orangtua Saat Bercerai

👤Deden Muhammad Rojani 🕔Rabu 20 Januari 2021, 14:00 WIB
Anak-anak bisa mengalami kesehatan mental hingga berbulan...
Yasin AKGUL / AFP

Ini Alasan Bekerja di Kafe Bikin Kita Lebih Kreatif

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 20 Januari 2021, 13:53 WIB
Keramaian tingkat rendah hingga menengah dapat memacu kreativitas. Ketika bekerja di tengah suasana baru yang terus bergerak, kemampuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya