Senin 08 Juni 2020, 15:50 WIB

Cerita Nadin di Balik Selamat Ulang Tahun

Fathurrozak | Weekend
Cerita Nadin di Balik Selamat Ulang Tahun

Dok Sorai
Album perdana Nadin Amizah, Selamat Ulang Tahun (2020).

 

Selamat Ulang Tahun, album debut Nadin Amizah, lahir pada tanggal ulang tahunnya 28 Mei silam. Isinya 10 trek yang didominasi komposisi instrumen gitar dan piano. Album barunya tentu memancing rasa ingin tahu dengan melihat kiprah Nadin di waktu lalu. 

Pada trek pertama, berjudul Intro, kita akan mendengar lagu selamat ulang tahun dinyanyikan. Namun, trek ini terdengar seperti rekaman ketika perayaan ulang tahun.

“Intro, di album ini diintensikan sebagai kelahiran. Beberapa hari sebelum rilis aku sempat unggah foto janin. Di Intro, kita bisa dengar orang yang putar record player, terus yang pertama kali didengar ada lagu Selamat Ulang Tahun, kemudian bayi yang tertawa. Ini menandakan kelahiran kembali aku. Di situ ada suara bunda dan ayah, tadinya mau masukin suara orang-orang penting lain, tetapi aku pikir bahwa yang bawa ke dunia itu kan bunda dan ayahku. Sisanya baru diceritakan di lagu-lagu selanjutnya,” kata Nadin kepada Media Indonesia pada Kamis, (4/6).

Hampir dari seluruh trek di Selamat Ulang Tahun meniadakan  komposisi drum. Hanya dua trek yang menggunakan materi drum, yaitu pada Kereta Ini Melaju Terlalu Cepat, dan Beranjak Dewasa yang juga menyematkan brass section. Dua nomor ini diproduseri oleh Petra Sihombing. 

“Aku percayakan ke dia, dengan referensi yang kubawa. Aku pengin buat orang bisa loncat-loncat, tetapi juga tidak mau terlalu bahagia di trek ini. Aku ingin mereka ingat proses beranjak dewasa itu penuh pahit dan kebingungan. Jadi ini seperti dansa dengan kepala yang masih berputar-putar. Aku ingin orang merasa lebih festive di lagu ini.”

Ia menambahkan, “Beranjak Dewasa diposisikan bukan sebagai outro. Walau terdengar seperti itu. Namun, Beranjak Dewasa diposisikan sebagai titik balik. Makanya ada di trek kelima, berada di tengah. Setelah lagu ini, ada lagu-lagu yang lebih manis bila dibandingkan empat trek sebelum Beranjak Dewasa.”

Untuk menggarap album ini, Nadin sebelumnya juga sempat mengikuti kelas menyanyi. Kelas itu ternyata terbukti mampu membantu mengatasi permasalahan yang sebelumnya dihadapi. Ia merasa ada masalah di tenggorokan dan suaranya, yang menurutnya terlalu banyak digunakan sehingga ada tekanan. 

“Aku lebih banyak menggunakan perasaan saat menggarapnya. Enggak memikirkan apakah misalnya nanti possible dibawakan di panggung, enggak memikirkan kecocokan itu di album ini. Banyak nada yang kuambil, dan lumayan rancu. Dan aku harap juga nantinya bisa aku lakukan ketika menyanyi di panggung. Kalau memikirkan bagaimana nantinya ketika membawakan di panggung, malah nanti albumnya akan stagnan terus.”

Nadin menulis semua lirik 10 trek di album debutnya. Ia mengakui memang lebih banyak berkutat pada penggarapan lirik dibanding untuk urusan komposisi aransemennya. Meski, ia tetap mengutarakan berbagai keinginan lagu yang diinginkan ke sang produser. Ia mulai menulis pada tahun lalu. 

“Tapi lumayan loncat-loncat. Ada beberapa lagu yang ditulis di Januari 2020 ini. Ada juga yang ditulis misalnya dari Januari tahun lalu, baru dilanjutin Februari tahun ini,” katanya.

Di lagu Bertaut, Nadin secara literal menulis lirik dengan panggilan Bun, yang ditujukan untuk ibunya, yang sekaligus menjadi manajernya. “Aku cuma ingin ini lebih personal ke bunda. Lagi-lagi album ini memang ditujukan ke orang-orang terdekat. Awalnya sempat mikir, kalau aku tulis secara literal ‘bun’ gimana ya? Nanti orang nggak punya cara untuk menafsirkan yang lain. Namun, Setelah kupikir lagi, aku enggak ingin orang lain menginterpretasikan, khususnya di Bertaut, tentang kisah mereka. Karena ya ini tentang aku dan bundaku.”

Nama Nadin mulai dikenal publik Tanah Air kurang lebih sejak 2017, ketika muncul lagu kolaborasinya dengan Dipha Barus, All Good. Popularitasnya makin melejit setelah hit Rumpang yang dirilis pada September 2018. Berikutnya ia melempar sejumlah single seperti Star, Sorai, juga Amin Paling Serius. Lagu All Good dan Rumpang pun mendatangkan penghargaan Anugerah Musik Indonesia bagi dara yang tahun ini berusia 20 itu.  (M-2)

Baca Juga

123RF/deagreez

Paparan Cahaya saat Tidur Malam Perbesar Risiko bagi Lansia

👤Nike Amelia Sari 🕔Kamis 30 Juni 2022, 08:55 WIB
Paling tidak, dibutuhkan tidur dengan kondisi gelap total selama 5...
MI/Devi Harahap

Rilis Trailer, Mencuri Raden Saleh Janjikan Aksi Seru

👤Devi Harahap 🕔Kamis 30 Juni 2022, 07:30 WIB
Film bertema heist dari Visinema ini akan tayang mulai 25 Agustus...
MI/Siswantini Suryandari

Konsumen di Indonesia Mulai Suka Makanan Berbasis Nabati

👤Siswantini Suryandari 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:45 WIB
Kesehatan dan kebugaran mendorong konsumen di Indonesia untuk mencari alternatif daging nabati, namun, tidak dengan pengalaman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya