Jumat 29 November 2019, 08:25 WIB

Tetap Positif Cari Pekerjaan

Thalatie K Yani | Weekend
Tetap Positif Cari Pekerjaan

123rf
Tetap berpikir positif saat mencari pekerjaan.

MENCARI pekerjaan merupakan langkah yang paling berat dan kerap membuat frustasi. Apalagi bagi mereka yang belum memiliki pengalaman dan baru lulus kuliah.

Di tengah tekanan mencari pekerjaan, para pencari pekerjaan tetap harus optimis. Berikut ada 6 kiat tetap positif saat mencari pekerjaan dari Jobstreet.

1. Beri waktu merenung
Menyibukan diri dengan mengembangkan keterampilan sambil menunggu panggilan kerja tentunya bagus. Namun jangan lupa meluangkan waktu untuk bersantai dan fokus ke diri sendiri. Berikan waktu bagi diri anda merenung dan memilih karir yang diinginkan. Setelah itu ambil langkah mewujudkan ketertarikan anda.

2. Tetap aktif
Di tengah rutiniatas tanpa pekerjaan, jangan membuat anda malas. Tetaplah sibuk melakukan pekerjaan rumah, berolahraga, mengikuti kursus, atau bekerja sukarela demi mendapatkan pengalaman. Menyelesaikan tugas-tugas itu mampu membangun rasa percaya diri dan menghilangkan kekhawatiran karena belum mendapatkan panggilan kerja.

3. Biarkan Pikiran Baik Muncul
Kendalikan suara-suara negatif dalam kepala anda. Apalagi setelah sejumlah penolakan yang sudah anda terima. Saatnya bangkit dan katakan 'Masih banyak kesempatan menunggu saya di luar sana'. Jangan pernah mengasihi diri sendiri karena tidak sesuai keinginan. Bulatkan tekad untuk optimis, terlepas dari semua kegagalan yang menimpa terjadi.

4. Mencari dukungan
Saat menganggur kita cenderung malu bertemu keluarga dan teman yang sudah bekerja. Namun bukan berarti kita mengisolisasi diri dari luar. Jalan terbaik ialah menempatkan diri di antara keluarga dan teman yang menyayangi dan mendukung anda. Bukan hal memalukan bila anda butuh bantuan profesional atau berbicara dengan advisor karir untuk bimbingan. Anda tidak perlu menghadapi semua ini sendiri.
 
5. Bersyukurlah
Dengan bersyukur, anda bisa membangun percaya diri. Mreeka yang menyadari anugrah yang dimiliki akan lebih sehat, kuat dan jauh lebih bahagia dibandingkan mereka yang tidak menyadarinya. Makanya, luangkan waktu untuk merayakan kemenangan kecil setiap harinya.
 
6. Kerjakan satu persatu
Setelah menemukan jalan, panggilan mulai berdatangan, akan lebih banyak orang yang berhubungan. Kondisi ini bisa membebani anda dan harus dihadapi saat bersamaan. Saatnya istirahat sejenak dan fokus pada satu hal dalam satu waktu. Sehingga anda lebih terkendali dan fokus, bukan mengacaukannya. (M-3)

Baca Juga

Jens Schlueter / AFP

Main Candy Crush Saat Rapat, Politikus Jerman ini Dikecam

👤Adiyanto 🕔Senin 25 Januari 2021, 21:47 WIB
Politisi partai sayap kiri itu mengaku beberapa orang rekannya juga bermain sudoku, catur, atau scrabble di ponsel...
dok.Submission

Submission Lantunkan Mars Pembuka Album Young Offender

👤adiyanto 🕔Senin 25 Januari 2021, 20:09 WIB
Band yang turut meramaikan album ini antara lain, Toilet Sound, Treasure Hiding, Parklife, serta Cliffton J Rompies atau dikenal dengan...
Kiri: Luna; Kanan: Lupo

Pangeran William dan Kate Middleton Diam-Diam Lakukan Adopsi

👤Irana 🕔Senin 25 Januari 2021, 19:35 WIB
Lupo bergabung dengan keluarga Duke dan Duchess of Cambridge sejak 2011, sebelum kemudian meninggal pada November...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya