Kamis 06 Juni 2019, 10:25 WIB

Kudapan Hits di Malang

Galih Agus Saputra | Weekend
Kudapan Hits di Malang

dok. Resep Kue Renyah
Keripik Apel

 

“Anda belum ke kota ini kalau belum membeli itu, atau sebaliknya anda belum ke kota itu kalau belum membeli ini”. Setidaknya, begitu lah ‘ucapan populer’ yang acap kali terdengar dari mulut seseorang ketika membanggakan citarasa khas kuliner dari kotanya. Selain orang dan lokasi wisata, kuliner juga membawa memori tersendiri saat berkunjung ke sebuah kota.

Tidak terkecuali saat berkunjung ke Malang. Kota terbesar kedua di Jawa Timur ini banyak penganan yang menggiurkan bagi pengunjungnya. Berikut daftar penganan yang wajib dicoba.

1. Aneka Keripik Buah

Malang memiliki tanah yang subur di antara Gunung Arjuno, Semeru, Kawi, Panderman, hingga Kelud. Tak heran ragam tanaman buah mulai dari Mangga, Apel, Nangka, Salak, Rambutan, hingga Nanas mudah didapatkan.

Tidak hanya dijual dalam bentuk buah yang baru petik. Para petani mengolah hasil panen mereka menjadi keripik buah yang dijual di berbagai sentra penjualan oleh-oleh. Biasanya, setiap kemasan keripik buah ini dibanderol kisaran harga Rp9.000 -Rp 105.000, atau tergantung dengan jenis buahnya.

2. Repoeblik Telo

Malang juga diperkaya dengan umbi jalar atau dalam bahasa Jawa disebut Telo. Salah satu tempat yang menjual olahan telo ialah Repoeblik Telo, yang mana terletak di Jalan Dr Sutomo, Lawang, Kabupaten Malang. Di sini mereka membuat telo menjadi kudapan mulai dari mi, pia, keripik, bakpao, strudel, hingga es krim yang semuanya diolah dari umbi jalar.

3. Pia Cap Mangkok

Seperti Yogyakarta, Malang juga memiliki oleh-oleh khas yaitu bakpia. Berbeda dengan bakpia Yogyakarta yang tekstur kulit luarnya sangat lembut, bakpia dari Malang yang telah melegenda sejak 1959 itu kulitnya sangat keras atau lebih tepatnya mirip pastry. Oleh karena itu pula, bakpia dari Malang tersebut juga sering disebut bakpia mangkuk.

Toko Pia Cap Mangkok di Ruko Grand Soekarno-Hatta Kav 16-17, Malang bisa menjadi lokasi anda membeli kudapan ini. Anda juga bisa memilih berbagai macam varian rasa mulai dari orijinal yaitu kacang hijau, cokelat, green tea, durian, hingga keju.

4. Madu Klanceng

Selain penganan, Malang punya produk unggulan berupa madu. Madu klanceng, begitu disebutnya merupakan salah satu madu terbaik di dunia. Madu Klanceng yang berasal dari lebah Klanceng (Trigona SP) ini dibanderol harga sekitar Rp130.000-Rp150.000 per botol. Madu Klanceng bisa didapatkan di Toko Rimba Raya, Jalan Dr. Wahidin No. 8, Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

5. Cokelat Tempe

Tempe biasanya sangat cocok untuk dijadikan lauk ketika bersantap. Tapi apa jadinya bila digabungkan dengan cokelat? Penangan unik satu ini terasa gurih, manis, dan lumer di mulut. Kudapan satu ini sedang naik daun di Malang atau Batu. Apabila anda penasaran untuk mendapatkannya, anda dapat segera berkunjung ke Toko Cokelat Tempe Dekonco, Jalan Soekarno-Hata, No. 83 B, Malang. (M-3)

Baca juga : Ke Banyuwangi? Wajib Beli ini

 

Baca Juga

MI/Fathurrozak

Sukses di Digital, Produsen Minuman Lokal ini Buka Gerai di New York

👤Fathurrozak 🕔Senin 03 Oktober 2022, 10:10 WIB
Setelah berhasil mendapatkan pemasukan 70% secara digital, tahun ini merek minuman manis kekinian Teguk berekspansi ke pasar global. Per 17...
AFP/Space Perspective

Apakah Ada Planet Selain Bumi yang Memiliki Oksigen?

👤Devi Harahap 🕔Senin 03 Oktober 2022, 09:51 WIB
Atmosfer bumi adalah satu-satunya planet di tata surya yang dapat menopang...
AFP/STR

Kenali Bahaya dan Hal Terpenting Dilakukan Saat Terkena Gas Air Mata

👤Nike Amelia Sari 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 18:39 WIB
Menyebarkan gas air mata sering menyebabkan kepanikan dan disorientasi yang meluas di kerumunan juga. Berikut ini bahaya gas air...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya