Selasa 06 September 2016, 19:07 WIB

Pengguna Android Lebih Jujur dan Rendah Hati Ketimbang iPhone

Ellavie Ichlasa Amalia | Teknologi
Pengguna Android Lebih Jujur dan Rendah Hati Ketimbang iPhone

Ist

 

SEBUAH penelitian baru menunjukkan kepribadian seseorang dapat dilihat dari smartphone yang dia pilih. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan smartphone Android cenderung lebih jujur dan rendah hati daripada mereka yang memilih iPhone.

Menurut Daily Mail, studi itu juga menemukan bahwa perempuan memiliki kemungkinan 2 kali lebih besar memiliki iPhone daripada Android. Selain itu, pengguna iPhone lebih peduli dengan gengsi ponsel mereka.

Heather Shaw dari Fakultas Psikologi, University of Lincoln dan rekan-rekannya melakukan dua penelitian terkait pengguna Android dan iPhone.

Pada studi pertama, sebanyak 240 responden diminta mengisi sebuah daftar pertanyaan, tentang karakteristik apa yang melekat pada pengguna Android dan iPhone.

Dalam studi itu ditemukan bahwa pengguna Android dianggap lebih jujur dan rendah hati. Selain itu, mereka juga dianggap lebih baik, lebih terbuka meski tidak terlalu ekstrovert seperti pengguna iPhone.

Sementara di studi kedua, para peneliti menguji kebenaran dari asumsi itu pada 530 pengguna smartphone. Mereka menemukan bahwa pengguna Android memang lebih jujur dan rendah hati meski karakteristik lainnya tidak terbukti benar.

"Studi ini memberikan informasi baru tentang perbedaan kepribadian antar pengguna smartphone," kata Shaw.

"Pilihan merek smartphone adalah level yang sangat dasar dari personalisasi smartphone. Ini memberitahu kita banyak hal tentang pengguna. Bayangkan jika kita melakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat apa hubungan karakter seseorang dengan aplikasi yang mereka unduh."

"Terlihat semakin jelas bahwa smartphone menjadi representasi digital dari sang pengguna. Dan banyak dari kita yang tidak suka ketika orang lain menggunakan ponsel kita, karena ia dapat melihat begitu banyak informasi tentang diri kita," pungkasnya. (MTVN/OL-3)

Baca Juga

Ist

Teknologi Cloud dan AI Bantu Maksimalkan Pengembangan Bisnis

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:15 WIB
Penggunaan teknologi komputasi awan (cloud computing) dan  kecerdasan buatan (artificial intelligent atau AI), diyakini akan...
Dok.Ist

Fotile Indonesia Perkenalkan Konsep Dapur Bahagia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 20:15 WIB
Fotile telah banyak berinvestasi dalam praktik penelitian dan pengembangan peralatan dapur terkemuka di dunia selama 25...
Ist/Kemenkominfo

Kemenkominfo Gandeng Aruna Sosialisasi Adopsi Teknologi Digital Bersama Nelayan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:48 WIB
Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung upaya Kemenkominfo dalam mengedukasi masyarakat akan teknologi digital khususnya bagi nelayan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya