Rabu 28 September 2022, 18:59 WIB

Kolaborasi Biznet Data Center-Merkle Innovation Luncurkan Private Cloud Lintas Perangkat

Mediaindonesia.com | Teknologi
Kolaborasi Biznet Data Center-Merkle Innovation Luncurkan Private Cloud Lintas Perangkat

Dok. Biznet
Penandatanganan kerja sama Biznet Data Center dengan Merkle Innovation tentang penyediaan private cloud

 

PT Dinamika Raya Prima (Biznet Data Center) menjalin kolaborasi dengan Merkle Innovation untuk meluncurkan solusi implementasi infrastruktur private cloud terlengkap yang menyasar transformasi digital berbagai industri. 

Kolaborasi itu bertujuan untuk menghadirkan ekosistem infrastruktur digital yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas, khususnya memberikan kemudahan untuk implementasi sistem cloud mandiri atau private cloud. Mulai dari perencanaan dan pengadaan perangkat, dukungan ketersediaan lokasi pusat data, serta terintegrasi dengan platform cloud yang mengedepankan efisiensi sumber daya maupun anggaran.

Melalui kolaborasi dengan Merkle Innovation, solusi yang dihadirkan Biznet Data Center menjadi satu fitur terdepan untuk layanan Data Center di Indonesia yang menawarkan fasilitas pengadaan perangkat secara cepat dan terintegrasi guna mendukung perencanaan aset dan teknologi di sisi pelanggan.

Fitur solusi private cloud yang disediakan, meliputi skema implementasi perangkat di Data Center dengan manajemen cloud terkonfigurasi dan berskalabilitas tinggi;, skema implementasi perangkat cloud sesuai kustomisasi yang diinginkan lengkap dengan fasilitas pengaturan sumber daya komputasi mandiri, dan skema implementasi hybrid cloud yang memungkinkan integrasi langsung lintas infrastruktur private cloud di data center (off-premise) dengan perangkat server di sisi pelanggan (on-premise).

Direktur Biznet Data Center, Dondy Bappedyanto mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan transformasi digital dengan mengedepankan fleksibilitas teknologi. 

"Kerja sama ini merupakan bagian dari ekosistem data center yang kami tawarkan kepada industri, di mana pelanggan data center dapat terakomodasi dengan cepat saat ingin memiliki sistem cloud mandiri dengan fasilitas end-to-end tanpa waktu tunggu lama," katanya dalam keterangan tertulis. 

Teknologi yang diusung bersama Merkle Innovation, adalah kemudahan untuk memiliki infrastruktur sendiri dengan teknologi cloud computing yang sudah terpasang beserta dengan manajemennya.

Merkle Innovation merupakan implementator yang bekerja sama dengan ZStack International Information Technologies Limited untuk menghadirkan fitur pengelolaan multi cloud dengan tampilan antar muka atau UI (User Interface) yang mudah dioperasikan. 

Merkle bersama ZStack menawarkan kemudahan implementasi private cloud dan hybrid cloud dalam waktu singkat dengan ketersediaan sumber daya teknologi yang lengkap.

“Kerja sama strategis ini akan semakin memperkuat misi kami untuk mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia. Pintu lebar juga semakin terbuka untuk percepatan adopsi cloud di berbagai industri yang didukung Data Center di Indonesia, fasilitas pengadaan perangkat server, termasuk ketersediaan rancangan arsitektur, platform, serta manpower yang memiliki skill khusus. Bersama dengan Biznet dan ZStack kami siap merancang nilai bisnis tinggi kepada para customer dan mengawal seluruh perjalanan cloud mereka” ujar Ricky Utomo, Founder Merkle Innovation.

Baca juga : Oracle Merilis Bahasa Pemograman Versi Terbaru Java 19

ZStack sendiri merupakan platform virtualisasi dan orkestrasi cloud yang menyediakan unified management bagi infrastruktur dengan rancangan cloud computing. Kekuatan utama dari ZStack berada pada ekosistemnya yang terbuka dan sangat fleksibel untuk mengakomodasi beragam skenario baik private cloud maupun hybrid cloud.

Executive Managing Director of ZStack International Keith Poon mengungkapkan, ZStack telah membantu lebih dari 2.500 perusahaan di seluruh dunia untuk membangun bisnis dan menjalankan aplikasi mereka pada platform cloud yang canggih, andal, dan aman. 

“Langkah ini sejalan dengan misi perusahaan kami untuk memberdayakan setiap perusahaan agar memiliki cloud sendiri dan menyediakan teknologi cloud terbaik kepada mereka. Reputasi dan semangat Biznet untuk layanan pelanggan, dan kemampuan mereka dalam solusi infrastruktur melalui Biznet Data Center sesuai dengan visi kami untuk keunggulan dalam IT service delivery," imbuh David Sugandi, ZStack Indonesia Country Manager

Untuk memenuhi kebutuhan implementasi sistem private cloud, Biznet Data Center juga telah menjalin kerja sama strategis dengan PT Berca Hardayaperkasa yang memberikan solusi terintegrasi untuk pemenuhan perangkat di data center. 

Ekosistem dari kerja sama itu menghadirkan fasilitas kepada pelanggan untuk memilih perangkat private cloud dengan kustomisasi yang diinginkan sesuai rancangan pertumbuhan bisnisnya. 

Pelanggan dapat memiliki aset infrastruktur perangkat cloud dengan cepat dan fleksibel dapat mengubah biaya investasi (capital expense/CAPEX) yang tinggi menjadi biaya operasional (operational expense/OPEX). Sehingga pelanggan dapat melakukan implementasi sistem private cloud dengan cepat.

Biznet Data Center sendiri telah mengantongi sertifikasi Tier III Facility dan sertifikasi keamanan lainnya untuk memberikan standar keamanan dan keandalan yang tinggi pada layanan kolokasinya. 

Selain memiliki kelengkapan interkoneksi ke beberapa penyedia content delivery network (CDN) dan layanan cloud besar dunia lainnya, fasilitas interkoneksi gratis juga hadir sebagai bagian dari ekosistem data center seperti layanan jaringan antar Data Center keenam Data Center lain dan koneksi langsung ke beberapa Internet Exchange (IX) besar di Indonesia. 

“Sebagai data center yang memiliki interkoneksi terlengkap di Indonesia, kami siap mendukung kebutuhan pelanggan yang ingin memiliki rancangan infrastruktur digital terdepan, terintegrasi dengan mudah dari sisi perencanaan perangkat, penyimpanan di data center lokal, serta memiliki visi anggaran infrastruktur yang tepat sasaran,” tutup Dondy. (RO/OL-7) 

Baca Juga

DOK Pribadi.

Permintaan Akses Internet Meningkat Pesat setiap Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 10:30 WIB
Meski saat ini sudah masuk di era post pandemic, kebutuhan akses internet akan terus melekat menjadi kebutuhan utama bagi...
DOK Pribadi.

TECH Dukung Manajemen Data Ratusan Kampus Informatika dan Komputer

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 08:46 WIB
Ini dilakukannya dengan menggandeng Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer...
DOK Pribadi.

Prosesor 13th Gen Intel Core Meluncur di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 20:10 WIB
Dibangun pada teknologi proses Intel 7 yang sudah matang dan x86 performance hybrid architecture, prosesor desktop 13th Gen Intel Core...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya