Senin 15 Agustus 2022, 21:47 WIB

Pacu UKM Naik Kelas, McEasy Luncurkan Sistem Manajemen Transportasi Versi Mobile

mediaindonesi.com | Teknologi
Pacu UKM Naik Kelas, McEasy Luncurkan Sistem Manajemen Transportasi Versi Mobile

Ist
Transportation Management System McEasy terbukti mampu menghemat waktu yang digunakan untuk mengurus kegiatan administratif operasional.

 

USAHA Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam perekonomian. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), jumlah UMKM di Indonesia mencapai 65,4 juta.

Lebih dari 800 ribu saha berada di tingkat kecil dan menengah (UKM). Namun, tingginya jumlah pelaku usaha di Indonesia tidak terlepas dari tantangan yang ada.

“Salah satu tantangan bagi pelaku UKM adalah terbatasnya akses teknologi. Umumnya, para pelaku UKM belum mengetahui cara memaksimalkan berbagai macam inovasi teknologi untuk menjangkau skala pertumbuhan yang lebih besar dibandingkan dengan metode konvensional," ungkap Wientor Rah Mada, Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia dalam keterangan pers, Senin (15/8).

"Contohnya, ada pelaku UKM di bidang logistik yang masih menganggap jika penggunaan manajemen transportasi digital itu mahal, rumit dan hanya cocok untuk perusahaan besar saja. Akibatnya, mereka masih mengandalkan spreadsheet Excel yang belum terintegrasi,” jelas Wientor.

Baca juga: Transformasi Digital Jadi Peluang UMKM Untuk Kembangkan Bisnis

"Kami memiliki 10 armada, tidak terlalu banyak. Karenanya, awalnya kami bertahan menggunakan sistem pencatatan dan manual," kata Inggit, Sales Analyst, PT Bintang Harapan Makmur, PT Bintang Harapan Makmur - distributor produk minuman beralkohol dengan perizinan lengkap.

"Tetapi seiring berkembangnya bisnis, ketika pengiriman sudah mencakup seluruh Jawa Tengah dan Jawa Barat, kami mulai merasa membutuhkan teknologi untuk dapat melakukan pelacakan armada dan menjatuhkan pilihan pada Transportation Management System McEasy," jelasnya.

"Untuk melakukan pengecekan lokasi armada, kami tidak perlu repot menelpon supir. Bukti pengiriman barang di tempat yang direkam secara digital juga memudahkan operasional,” ungkap Inggit.

PT Bintang Harapan Makmur telah mencicipi manfaat dari penggunaan manajemen transportasi modern yang dikenal dengan Transportation Management System atau TMS, sejenis lunak terintegrasi untuk merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengoptimalkan proses logistik.

“Sejak pertama kali diluncurkan, Transportation Management System McEasy telah terbukti mampu menghemat waktu yang digunakan untuk mengurus kegiatan administratif operasional mitra kami hingga 60%," kata Raymond Sutjiono, Co-founder, McEasy.

"Berdasarkan data ini, kami akhirnya meluncurkan aplikasi TMS mobile agar solusi teknologi ini tidak hanya dapat diakses lewat laptop atau computer desktop tapi juga lewat perangkat bergerak, seperti ponsel dan tablet,” ujar Raymond.

“Karakter utama penggiat UKM logistik dan transportasi Indonesia adalah mereka sangat dinamis dan anti ribet. Karenanya, penggunaan perangkat komputer, seperti laptop dan desktop, kadang membatasi produktivitas mereka," ucapnya.

"Dengan aplikasi TMS mobile, proses perencanaan, pemantauan, alokasi, pengiriman dan monitoring order hingga pengecekan uang jalan sopir dan status bahan bakar kendaraan dapat dilakukan lewat ponsel,” lanjut Raymond.

Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp 80 ribu per kendaraan per bulan, McEasy menawarkan bundle aplikasi TMS mobile, TMS dan Smart Driver App yang dikembangkan sesuai dengan dinamika ekosistem transportasi dan logistik di Indonesia.

“Masih ada anggapan bahwa penggunaan TMS itu rumit dan hanya cocok bagi perusahaan besar dengan ratusan armada. Guna mendukung UKM Indonesia untuk naik kelas, McEasy menghadirkan aplikasi mobile TMS yang praktis dan anti ribet," kata Hendrik Ekowaluyo, Co-founder, McEasy.

."Aplikasi mobile hadir untuk membantu UKM di bidang logistik dan transportasi memantau informasi aliran barang dalam satu genggaman dan real time,” tambah Hendrik.

Selain menawarkan TMS, McEasy juga memiliki produk unggulan lainnya, yaitu Vehicle Smart Management System (VSMS). Baru-baru ini, McEasy dan SMESCO mengadakan program digitalisasi armada operasional UKM dengan membagikan 100 unit perangkat VSMS.

Dengan penggunaan perangkat ini, pelaku UKM nantinya bisa memantau, melacak, dan memperoleh data dari armada operasional kamu secara real-time selama 24 jam.

Ingin mencoba perangkat manajemen transportasi karya anak bangsa dengan standar internasional? Ayo kunjungi booth McEasy di Gaikindo Indonesia International Auto Show pada 11-21 Agustus 2022 di ICE-BSD City Tangerang. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok.Delameta Bilano

Produk Teknologi Encobus Indonesia Curi Perhatian ITS World Congress di LA

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 11:25 WIB
Teknologi nasional kini dapat berkompetisi di dunia serta akan hadir dan terlibat secara aktif dalam ekosistem...
Ist

Transaksi Token Saham Tesla Melejit Ketika Dibuka di Triv

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 10:41 WIB
Triv.co.id selaku platform jual beli Bitcoin mengumumkan bahwa customer-nya sudah dapat melakukan transaksi token saham berbagai...
Instagram @pubgmobile_id

Bintang Squid Game Ini Isi Peran di Gim PUBG Mobile

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 27 September 2022, 10:30 WIB
Hoyeon hadir sebagai NUSA Commissioner, dan para pemain akan dapat mengoleksi serangkaian pernak-pernik bertema Hoyeon dengan membeli peti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya