Selasa 09 Agustus 2022, 17:40 WIB

Beragam Pembaruan Fitur di Shopee Pilih Lokal

Mediaindonesia.com | Teknologi
Beragam Pembaruan Fitur di Shopee Pilih Lokal

DOK Pribadi.
Selain memudahkan pencarian produk lokal berkualitas, fitur itu juga membantu para pengusaha lokal untuk mendapatkan akses pada pelatihan.

 

SHOPEE kembali menghadirkan gebrakan yang membantu jenama dan pengusaha lokal semakin mudah mendapatkan perhatian calon pembeli. Perusahaan teknologi ini memfasilitasi para pengusaha lokal dan pembeli produk lokal dengan beberapa pembaruan fitur di laman Shopee Pilih Lokal yang pertama kali diluncurkan pada April 2021.

"Selain memudahkan pencarian produk lokal berkualitas, fitur itu juga membantu para pengusaha lokal untuk mendapatkan akses pada pelatihan, pendampingan, dan ekspor agar dapat naik kelas," ujar Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna. Shopee kini menempatkan fitur ini di laman depan aplikasi Shopee. Ikon ini dibuat cukup mencolok dengan logo baru berbentuk gunungan wayang berwarna biru dengan aksen merah putih di tengah. Tentu hal ini membantu para pengunjung di e-commerce oranye ini dapat mengakses laman Shopee Pilih Lokal dengan lebih mudah.

Begitu masuk ke laman utama Shopee Pilih Lokal, pengunjung dapat melihat fitur bilah pencarian (search bar) di bagian paling atas. Fitur bilah pencarian ini, memungkinkan calon pembeli untuk mencari berbagai produk lokal yang hanya ada di laman Shopee Pilih Lokal. Contohnya ketika mengetik kata baju atau kosmetik, fitur pencarian ini akan memberikan Anda sejumlah produk lokal yang paling relevan untuk pengalaman belanja lebih mudah. Selanjutnya, di bawah fitur pencarian ada beberapa fitur lain yang bisa dicoba mulai dari promo brand lokal, koleksi pilihan, hingga produk rekomendasi dengan penawaran menarik untuk pembeli. 

Pada pembaruan Shopee Pilih Lokal kali ini, imbuh Monica, ada tiga fitur baru yang ditambahkan yaitu Koleksi Produk Kampus UMKM, Produk Lokal Go Global, dan Koleksi UMKM Binaan. Kampus UMKM Shopee merupakan salah satu program andalan Shopee yang merupakan fasilitas fisik yang menawarkan pelatihan dan pendampingan secara gratis bertujuan membina dan mengembangkan para pengusaha lokal. Selain memberikan pengetahuan tentang cara berjualan online dengan efektif, program ini juga mengarahkan penjual untuk meningkatkan kualitas produknya. 

Berlanjut ke fitur berikutnya yakni Produk Lokal Go Global bagi produk-produk dari UMKM lokal yang telah mengikuti Program Ekspor Shopee. Ragam yang ditampilkan merupakan produk yang sudah diekspor ke berbagai negara. Jadi untuk pengunjung yang ingin mencari ragam produk keren berkualitas yang sudah go global atau para penjual yang ingin bergabung di Program Ekspor Shopee, bisa langsung cek laman ini.

Hampir serupa dengan dua fitur sebelumnya, fitur Koleksi UMKM Binaan, menjadi ruang bagi para pengusaha lokal yang telah mengikuti program Bimbel Shopee. Para pengunjung maupun calon pembeli, disuguhkan dengan kurasi produk terbaik karya UMKM lokal yang telah mengikuti Program Bimbel Shopee dan Sobat UKM. "Selain itu, laman ini terintegrasi dengan fitur pendaftaran bagi pelaku usaha untuk mengikuti pelatihan secara daring," tuturnya.

Selain pembaruan fitur, Shopee menghadirkan Hari Belanja Produk Lokal di 17 Agustus dan setiap 17 di bulan-bulan lain. Melalui kampanye dan fitur Hari Belanja Produk Lokal, diharapkan produk-produk dari para pengusaha lokal akan semakin laris dibeli oleh para pengunjung Shopee. Para pengunjung tidak perlu khawatir, karena produk lokal yang ada di laman Shopee Pilih Lokal, merupakan produk terbaik hasil kurasi Shopee. (Ant/OL-14)

Baca Juga

Ist

Ini Daftar 10 Aplikasi Pelacak Lokasi

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 06 Desember 2022, 06:00 WIB
Penggunaan penunjuk lokasi juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa bisnis tertentu seperti e-commerce, ojek online, dan delivery...
DOK/PII

Insinyur Dituntut Mampu Beradaptasi dengan Digitalisasi dan Internet

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 05 Desember 2022, 22:15 WIB
Setiap insinyur  memerlukan banyak adaptasi dengan berbagai kondisi pekerjaan. Pada era industri 4.0 digitalisasi sangat dibutuhkan...
Dok. Panasonic

Panasonic Luncurkan Jajaran OLED TV dan Smart TV 4K Terbaru, Begini Spesifikasinyar

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:42 WIB
Produk baru TV itu dilengkapi High Quality Picture & Sound, Gaming Mode dan Smart Features terkini untuk memberikan perpaduan gambar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya