Minggu 17 Juli 2022, 20:11 WIB

Google Authenticator Hapus Opsi Click to reveal PIN

Mediaindonesia.com | Teknologi
Google Authenticator Hapus Opsi Click to reveal PIN

Antara
Ilustrasi

 

Google Authenticator membuat kembali pembaruan bagi penggunanya dengan menghapus opsi "Click to reveal PIN".

Opsi itu sebenarnya dihadirkan pada pembaruan di Mei 2022, namun pada pembaruan terbarunya di Juli 2022, Google nampaknya memutuskan untuk menghilangkan opsi "Click to reveal PIN".

Mengutip Google 9 to 5, Minggu, pembaruan itu nampaknya dilakukan setelah sempat membingungkan para pengguna.

Mengingat waktu yang diberikan Google Authenticator terbilang singkat dan pengguna tidak bisa melakukan "copy paste" untuk kata sandi yang tersedia.

Dengan demikian pengguna Authenticator kini kembali bisa melihat dengan lebih mudah angka ataupun huruf yang menjadi kata sandi untuk verifikasi dua langkah aplikasinya.

Tujuan awal dari perangkat lunak besutan Google itu sebenarnya membantu para pengembang aplikasi atau layanan daring untuk menyiapkan sistem keamanan yang lebih baik dengan sistem verifikasi dua langkah.

Pengguna aplikasi nantinya bisa memasukkan kata sandi yang telah disiapkan menggunakan algoritma kata sandi satu kali pakai dan hanya tersedia dalam waktu singkat sehingga verifikasi dua langkah tersebut semakin ketat.

Kata sandi yang ditampilkan pun akan berubah setiap 30 detik sekali, sehingga apabila fitur "Click to reveal PIN" dipertahankan tentunya pengguna layanan Google Authenticator membutuhkan waktu lebih untuk mengungkapkan kata sandi yang disembunyikan.

Pembaruan ini hanya berlaku di perangkat Android dan tidak pernah sampai ke aplikasi iOS yang dapat meminta penggunanya untuk mengautentikasi Face/Touch ID sebelum menampilkan kode.

Fungsi yang ada di iOS mungkin dapat menjadi alternatif yang baik untuk digunakan dan diimplementasikan di perangkat Android.

Dalam pembaruan Google Authenticator, terdapat catatan terkait perilisan sistem terbaru dari aplikasi itu dengan deskripsi "menambahkan enkripsi perangkat ke penyimpanan nilai rahasia".

Tidak ada perubahan lain pada Google Authenticator setelah pembaruan dirilis secara luas awal pekan ini. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/MANAN VATSYAYANA

Warga Tiga Negara Asia Tenggara Ini Paling Sulit Menjangkau Harga Ponsel Pintar

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 07:15 WIB
Di ketiga negara itu, harga rata-rata ponsel pintar kelas menengah adalah dua kali atau lebih dari gaji bulanan...
ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Ini Perbandingan Keterjangkauan Harga Ponsel Pintar Populer di Indonesia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 06:45 WIB
Untuk membeli ponsel pintar dengan spesifikasi kelas atas, masyarakat Indonesia membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk menjangkau kelas...
DOK Pribadi.

Pentingnya Legalitas Startup dan Kompresi Data

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:46 WIB
Legalitas suatu startup dinilai penting untuk dapat melindunginya dari berbagai hal yang berpotensi merugikan entitas atau produknya. Untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya