Jumat 08 Juli 2022, 17:33 WIB

Di Era Serba Teknologi, Kompetensi Digital Wajib Dimiliki

Mediaindonesia.com | Teknologi
Di Era Serba Teknologi, Kompetensi Digital Wajib Dimiliki

Freepik.com
Ilustrasi

 

Kemampuan digital saat ini menjadi sebuah skill wajib yang harus dimiliki setiap individu agar dapat bertahan di era serba teknologi. Mulanya ditenggarai kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan tiap individu beradaptasi dengan pembatasan sosial sehingga segala aktivitas beralih ke ruang digital.

Data dari We Are Social dan HootSuite tahun 2022, saat ini terdapat 204,7 juta pengguna internet yang setara dengan 73,7% dari populasi penduduk Indonesia.

"Hal ini tentunya menimbulkan suatu budaya baru di tengah masyarakat kita. Sekarang setelah disrupsi industri 4.0, muncul society 4.0 di mana setiap aspek kehidupan masyarakat sudah terhubung smartphone dan internet," kata Dosen & Praktisi LoT & Intellegent, Yudhis Thiro di Madiun, Jawa Timur, pada Senin (4/7/).

Perubahan tersebut juga menimbulkan aturan-aturan baru dalam bermedia sosial. Bagaimana caranya agar bisa memberi manfaat dan tidak merugikan diri sendiri maupun pengguna lainnya. Terlebih disertai dengan latar belakang lain setelah 2 tahun pandemi Covid-19, banyak sekali jenis bidang pekerjaan yang ditiadakan namun lahir jenis pekerjaan baru.

Lebih jauh dia mengatakan, mulanya para pengguna internet identik dengan kaum milenial tapi saat pandemi semua kalangan seolah dipaksa untuk terbiasa dengan digital. Akhirnya semua orang harus memiliki kompetensi di ruang digital, tidak hanya mengetahui dan menggunakan saja namun juga memilah dan melindungi diri dari segala perubahan ke arah digital. (OL-12)

 

Baca Juga

123RF

Ketahui Cara Penipu Mengolah Data Pribadi Korban

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:44 WIB
Teknik pengelabuan atau pencurian data misalnya, pelaku melihat foto-foto yang korban publikasikan di media...
AFP

Elon Musk Tantang CEO Twitter Untuk Debat Terbuka Terkait Akun Bot

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 05:00 WIB
Elon Musk pada Sabtu (6/8) menantang Chief Executive Officer (CEO) Twitter Parag Agrawal untuk debat terbuka mengenai persentase akun bot...
Dok. Watsons Indonesia

Watsons Kembali Gelar Festival Belanja Online 8.8 Shopathon, Ini Penawaran Menariknya

👤Mediaindonrsia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 20:26 WIB
Presiden Direktur Watsons Indonesia Lilis Mulyawati menegaskan prioritas Watsons dalam memberikan personalisasi dalam pengalaman pelanggan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya