Jumat 08 Juli 2022, 11:29 WIB

Data Pribadi Perlu Dilindungi saat Beraktivitas Digital

Mediaindonesia.com | Teknologi
 Data Pribadi Perlu Dilindungi saat Beraktivitas Digital

123RF
Ilustrasi

 

Gaya hidup serba digital menawarkan kemudahan dan kepraktisan, masyarakat semakin nyaman dan percaya saat bertransaksi digital meskipun potensi risiko tinggi. Namun tentunya ada konsekuensi, yakni rawannya pencurian data pribadi yang bisa disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab.

Ketua Komite Kampanye dan Publikasi Mafindo, Yuli Setiowati mengungkapkan masyarakat perlu belajar mengenai keamanan digital agar terhindar dari potensi buruk pencurian dan penipuan di ruang digital.

"Setiap orang harus memastikan aspek keamanan digital saat menggunakan layanan daring maupun luring," kata Yuli di Malang, Jawa Timur, akhir pekan lalu.

Tak hanya untuk mengamankan data yang dimiliki, tujuan dari keamanan digital bertujuan melindungi data pribadi yang bersifat rahasia. Akan tetapi menurutnya memang untuk aman seratus persen di dunia digital hampir tidak mungkin, tapi setiap orang dapat mengurangi risikonya seperti terjerumus konten-konten negatif.

Adapun kompetensi keamanan digital meliputi mengamankan perangkat digital dari virus, lalu mengamankan identitas digital yaitu KTP, password, nama lengkap dan tanggal lahir sebaiknya tidak dibagikan secara sembarangan karena akan berisiko pada tindakan kejahatan di dunia digital. Pemahaman mengenai rekam jejak digital pun diperlukan, sebagai jejak data yang ditinggalkan saat aktivitas di dunia digital. Di dalamnya termasuk aspek keamanan digital untuk anak, di mana ada hak-hak digital di dalamnya. (OL-12)

Baca Juga

AFP

Elon Musk Tantang CEO Twitter Untuk Debat Terbuka Terkait Akun Bot

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 05:00 WIB
Elon Musk pada Sabtu (6/8) menantang Chief Executive Officer (CEO) Twitter Parag Agrawal untuk debat terbuka mengenai persentase akun bot...
Dok. Watsons Indonesia

Watsons Kembali Gelar Festival Belanja Online 8.8 Shopathon, Ini Penawaran Menariknya

👤Mediaindonrsia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 20:26 WIB
Presiden Direktur Watsons Indonesia Lilis Mulyawati menegaskan prioritas Watsons dalam memberikan personalisasi dalam pengalaman pelanggan...
Dok. Pribadi

Perkuat Jaringan Internet, APJII dan Matrix NAP Info Hadirkan Super MMR dan Super Node IIX

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 19:03 WIB
Melalui kerja sama tersebut, MDC-JK3 menjadi opsi POI (Point of Interconnection) alternatif baru bagi lebih dari 780 anggota APJII untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya