Kamis 07 Juli 2022, 22:39 WIB

Pengguna Media Digital Harus Ketahui Batasan Kebebasan Berekspresi

Mediaindonesia.com | Teknologi
Pengguna Media Digital Harus Ketahui Batasan Kebebasan Berekspresi

Pexels.com
Ilustrasi

 

Dengan semakin tingginya aktivitas di dunia digital, Indonesia mendapat tantangan budaya bermedia digital seperti mengaburnya wawasan kebangsaan, menipisnya kesopanan dan kesantunan. Apalagi pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan. Sebanyak 77% masyarakat telah terkoneksi internet dari jumlah penduduk sekitar 272 juta jiwa.

"Hal ini bisa dipahami karena dunia digital bebas, borderless, tidak mengenal waktu dan tempat. Sehingga ketika kita masuk di dalam dunia digital ada kemungkinan kita harus berbaur dengan budaya bangsa yang lain," kata Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Swiss German University, Loina Lalolo Krina di Madiun, akhir pekan lalu.

Dampak dari rendahnya pemahaman akan budaya bermedia digital membuat pengguna tidak mampu memahami batasan kebebasan berekspresi dengan perundungan siber, ujaran kebencian, pencemaran nama baik, atau provokasi. Selain itu diikuti dengan ketidakmampuan individu membedakan keterbukaan informasi publik dengan pelanggaran privasi di ruang digital.

Budaya digital sendiri, kata Loina merupakan kemampuan individu untuk membaca, menguraikan, membiasakan, memeriksa dan membangun wawasan kebangsaan, nilai Pancasila dan Bhineka Tungga Ika. Adapun kompetensi dalam pemahaman budaya digital, individu perlu mengetahui pengetahuan dasar akan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tungga Ika, agar bisa menjadi pelaku digitalisasi kebudayaan melalui Teknologi Informasi Komputer (TIK). (OL-12)

 

Baca Juga

AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Facebook Uji Jadikan End-to-end Encryption Sebagai Default di Messenger

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 13:15 WIB
Fitur end-to-end encryption sebenarnya sudah ada sejak 2016 di Messeger, namun layanan itu sebelumnya harus diaktifkan secara manual oleh...
Ist

Aplikasi Digital Parenting 'Ruang Ortu by ASIA' Resmi Diluncurkan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 12:50 WIB
Ruang Ortu by ASIA, aplikasi digital parenting pertama di Indonesia yang memudahkan orangtua dalam mengasuh dan memantau perkembangan...
Ist

Anti-Ketinggalan, Fitur Terbaru WhatsApp Tahun 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:57 WIB
Kurang lebih terdapat sepuluh fitur terbaru WhatsApp yang bisa Anda miliki pada update terbaru sepanjang tahun 2022...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya