Kamis 30 Juni 2022, 19:11 WIB

Kombinasi Password yang Kuat dan Ganti Berkala Efektif Mencegah Kebobolan

Mediaindonesia.com | Teknologi
Kombinasi Password yang Kuat dan Ganti Berkala Efektif Mencegah Kebobolan

thinkstock
Ilustrasi

 

Perkembangan teknologi digital semakin masif. Pengguna internet di Indonesia saja saat ini sudah mencapai 204,7 juta. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin satu orang memiliki dua atau lebih media sosial (medsos) dengan berbagai tujuan.

Keberagaman media sosial tidak diiringi dengan perbedaan akun. Pengguna umumnya hanya menggunakan satu email untuk masuk ke seluruh media sosial yang dimilikinya. Password yang digunakan pun tidak berbeda.

Kombinasi password yang kuat memang membantu media sosial sulit dijebol. Namun, pengguna tetap harus melakukan pencegah lainnya.
“Password yang kuat itu yang sering diganti. Sekuat apapun password bisa ditembus. Kuncinya adalah secara berkala mengganti password,” kata Dosen dan Praktisi M Adhi Prasnowo, saat Webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk Kelompok Masyarakat Wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, akhir pekan lalu.

Dia menambahkan, ada beberapa ciri media sosial sudah diretas. Pada Instagram misalnya, pengguna tidak bisa melakukan log in, akun pengguna akan posting hal-hal yang aneh, ada beberapa data berubah, dan notifikasi dari pengelola media sosial.

Pada kesempatan yangs sama, dosen, trainer, sekaligus managing director Kaizen Room, Aidil Wicaksono menyebutkan, pengguna media sosial harus memahami semua fitur pada aplikasi yang digunakan. Dengan mengenal lebih dekat aplikasi tersebut, mereka dapat melakukan mengevaluasi aplikasi sesuai kebutuhannya. “Setelah paham semua fitur aplikasi, kita bisa seleksi apakah aplikasi tersebut berguna buat kamu atau tidak. Kalau ternyata berguna teruskan dan bagikan ke teman-teman. Kalau ternyata dirasa belum, tidak apa, silakan disimpan untuk wawasanmu,” katanya. (OL-12)
 

Baca Juga

Freepik.com

Teknologi Digital Bisa Jadi Alat Promosi Multikulturalisme Indonesia ke Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 20:58 WIB
“Dengan teknologi digital yang kian maju, kita bisa mempromosikan Indonesia ke seluruh dunia. Apa saja yang dipromosikan? Banyak...
Freepik.com

Simak, Ini Tips Maksimalkan Pemasaran Lewat E-Commerce

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 20:00 WIB
Di sisi lain, platform tersebut juga membantu pelaku UMKM untuk mendapatkan pasar yang lebih luas atas...
DOK MI.

Perkuat Keamanan Infrastruktur Data Center untuk Ekonomi Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 17:15 WIB
Mordor Intelligence menyatakan pasar data center Indonesia pada 2021 mencapai US$1,67 miliar dan diperkirakan mencapai US$3,43 miiliar pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya