Rabu 13 Oktober 2021, 22:03 WIB

Google Ajak Pengguna Perhatikan Kesehatan Digital

Mediaindonesia.com | Teknologi
Google Ajak Pengguna Perhatikan Kesehatan Digital

Dok Google
Ilustrasi: Google

 

Perusahaan teknologi Google mengajak para penggunanya untuk memperhatikan "kesehatan digital" mereka lewat fitur dan alat yang diharapkan dapat membantu pengguna menemukan keseimbangan yang lebih baik dengan teknologi untuk mencapai rasa kesejahteraan fisik dan mental pribadi.

"Teknologi mengubah cara kita menghabiskan waktu, dan upaya Kesehatan Digital kami dapat membantu Anda memanfaatkan waktu sebaik mungkin—sehingga teknologi selaras dengan hidup Anda, tanpa gangguan yang tidak diinginkan," kata Google melalui keterangannya, Rabu (13/10).

Berikut adalah sejumlah fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna Android dan layanan Google.

"Timer Aplikasi" di Android
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menetapkan batas waktu penggunaan suatu aplikasi. Setelah pengguna mencapai batas, aplikasi dan situs tersebut akan berhenti sementara dan notifikasi menjadi senyap.

Mode "Waktu Tidur" Android
Jadwalkan untuk waktu tidur, sehingga secara otomatis mengubah layar pengguna menjadi skala abu-abu (grayscale) dan membungkam notifikasi dengan fitur Do Not Disturb di mode waktu tidur ini.

Profil "Waktu Tonton" di YouTube
Profil waktu tonton memungkinkan pengguna memeriksa rata-rata waktu tonton harian. Ini juga menunjukkan berapa lama pengguna telah menonton video di YouTube dalam satu hari tersebut, kemarin, dan selama 7 hari terakhir. Fitur ini hanya tersedia di perangkat seluler.

Mode "Fokus" di Android
Mode fokus memungkinkan pengguna memilih aplikasi untuk dijeda sementara. Jika pengguna ingin mematikan aplikasi yang mengganggu untuk menyelesaikan sesuatu, pengguna dapat mengaktifkan mode ini, bahkan dapat mengatur jadwal untuk mengaktifkan mode Fokus secara otomatis.

Mode "Do Not Disturb" di Android
Mode ini dapat membisukan suara, menghentikan getaran, dan memblokir gangguan visual. Anda dapat memilih apa yang Anda blokir dan apa yang Anda izinkan.

"Pengingat Istirahat" di YouTube
Setelah pengguna tahu berapa banyak waktu yang dihabiskan di aplikasi, pengguna mungkin ingin menetapkan batas. YouTube menyiapkan pengingat bagi pengguna untuk beristirahat.

Buka saja pengaturan dan pilih jumlah waktu YouTube yang tepat. Setelah pengguna mencapai batas itu, pengingat akan muncul di layar ponsel.

Notifikasi: Ringkasan Terjadwal
Secara default, semua suara dan getaran dari aplikasi YouTube dinonaktifkan antara pukul 10 malam dan 8 pagi. Pengguna dapat menyesuaikan waktu mulai dan berakhir untuk memastikan bahwa notifikasi dari aplikasi YouTube dikirim secara diam-diam ke ponsel selama waktu yang ditentukan setiap hari.

Jika pengguna ingin lebih mengontrol saat menerima notifikasi dari YouTube, pengguna dapat menggabungkan semua notifikasi YouTube ke dalam satu notifikasi setiap hari dan menyetel waktu tertentu untuk menerima ringkasan di pengaturan akun YouTube pengguna. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ist

HMD Global Lanjutkan Kerja Sama dengan Blue Bird Group

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 09:45 WIB
HMD Enable Pro akan diimplementasikan Blue Bird Group untuk membantu dalam pendaftaran dan pengelolaan secara sentral di perangkat Android...
Dok Snap Inc

Kerja Sama dengan Google, Snap Inc Hadirkan Quick Tap to Snap di Pixel 6

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 07:15 WIB
Dengan mengetuk bagian belakang ponsel, gerakan cepat dan sederhana ini akan membantu para Snapchatters menangkap momen dengan cepat...
AFP/Olivier Douliery

Jaringan 5G Percepat Transformasi Digital di Indonesia, #IndonesiaRoadTo5G Menggema di Twitter 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 23:00 WIB
Dukungan netizen ini terlihat dari tagar #IndonesiaRoadTo5G dan keyword ‘Transformasi Digital’ yang menjadi trending topik...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya