Minggu 15 Agustus 2021, 22:00 WIB

Ancaman Siber makin Canggih, Pengamanan Aplikasi kian Penting

mediaindonesia.com | Teknologi
Ancaman Siber makin Canggih, Pengamanan Aplikasi kian Penting

DOK.MI
Ilustrasi ancaman serangan siber yang semakin canggih.

 

APLIKASI komputer semakin memegang peran penting terutama di era digital yang semakin diakselerasi akibat pandemi covid-19. Banyak interaksi yang mulanya dilakukan secara langsung (human interaction) kini melalui aplikasi. Hal ini membuat aplikasi menjadi sasaran ancaman dari penjahat siber.

Jenis serangan terhadap aplikasi yang marak ditemukan antara lain serangan web application seperti SQL injection dan cross site scripting, eksploitasi celah kelemahan software, pencurian data kredensial, malware, social engineering, dan phishing attack.

"Dengan semakin meningkatnya penggunaan aplikasi modern berbasis API (Application programming Interface), serangan terhadap API juga menjadi tren baru yang meningkat dan perlu diperhatikan," ujar Surung Sinamo, Country Manager F5 Indonesia, dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/8).

F5 merupakan penyedia solusi keamanan siber untuk aplikasi komputer. Lebih lanjut Surung menjelaskan, attackers menargetkan aplikasi dengan cara mengeksploitasi celah kelemahan (vulnerability), melakukan abuse terhadap logika pemrograman untuk mendapatkan akses ke data sensitif, yang pada akhirnya bisa digunakan untuk melakukan fraud dan abuse yang bisa berakibat serius terhadap kelangsungan suatu bisnis.

"Kerugian yang disebabkan serangan tersebut bisa berdampak sangat luas, mulai dari risiko pencurian data pribadi, data keamanan, keuangan, mengacaukan operasional bisnis, kepatuhan terhadap peraturan, memberi pengalaman yang tidak menyenangkan pada pelanggan, hingga merusak brand dan reputasi, serta mengganggu kelansungan bisnis," papar Surung.

Permasalahan itu menjadi fokus perhatian F5 sebagai pemimpin pasar dalam keamanan aplikasi. Dalam hal ini, lanjut dia, F5 menyediakan solusi yang bisa melindungi aplikasi dan API di semua arsitektur, baik dalam lingkungan on-premise maupun dalam lingkungan multi-cloud.


Baca juga: Begini 5 Cara Mengubah MP4 ke MP3 dari Ponsel dan Laptop


Solusi ini memungkinkan untuk melakukan integrasi dengan solusi third party untuk mengurangi risiko dan mempercepat transformasi digital dengan cara meningkatkan kecepatan dari pengembangan suatu aplikasi sehingga mempercepat peluncuran aplikasi ke pasar sekaligus mengurangi friksi yang diakibatkan oleh ancaman siber.

Dengan berbagai macam serangan dan celah kelemahan software yang ada, setiap badan usaha perlu memastikan kemampuan untuk melindungi semua aplikasi baik aplikasi tradisional yang mungkin masih memiliki fungsi dan tujuan tertentu, maupun aplikasi modern yang memanfaatkan teknik pengembangan terkini seperti aplikasi berbasis microservices dan kontainer.

"F5 menawarkan solusi keamanan siber yang bisa diintegrasikan ke dalam berbagai insertion point, tergantung dari jenis deployment dari aplikasi, on-premise deployment maupun multi-cloud deployment. Tergantung dari level engagement dari kustomer, solusi ini juga bisa ditawarkan sebagai managed services dan SaaS model," kata Surung.

Sementara, salah satu keunggulan dari solusi yang ditawarkan F5 ialah solusi yang sama bisa dipakai dalam lingkungan/arsitektur yang berbeda-beda, baik on-premise, di-edge network maupun di lingkungan multi-cloud.

"Karena solusinya yang sama ini, maka tidak dibutuhkan resources yang atau skills yang berbeda-beda. Solusi yang demikian juga memungkinkan untuk adanya single pane of glass yang memberikan end to end visibility dalam satu management console. Dengan solusi yang terintegrasi ini, memungkinkan terjadinya automasi serta telemetri dengan memanfaatkan AI/ML yang bisa menyediakan insight untuk menganalisis performa, mendeteksi anomali, dan melakukan korelasi antar-event," ujarnya.  

Dalam mengadopsi teknologi ini, beberapa organisasi mungkin mengalami kurangnya resources dan skills yang berhubungan dengan keamanan dan data sains yang memadai untuk mengoperasikan solusi ini dengan maksimal. Dalam hal ini, F5 menyediakan opsi Managed Service dan SaaS sehingga kustomer bisa memanfaatkan teknologi ini dengan segera dan fokus ke hal yang penting bagi bisnis. (RO/S-2)
 

 

Baca Juga

AFP/Lionel Bonaventure

Banyak Korban Pinjol Ilegal, #JokowiBerantasPinjolIlegal Menggema di Twitter 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 00:13 WIB
Kegerahan dan pemintaan netizen ini terlihat dari tagar #JokowiBerantasPinjolIlegal dan keyword Bantai Pinjaman Online Ilegal menjadi...
Dok. Ralali.com

Platform RXPO Ralali.com Sukses Gelar Pameran WHEALTH 2021 Secara Virtual   

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:50 WIB
Platform e-commerce Ralali.com berikan solusi melalui pameran B2B virtual yang dapat membantu pelaku bisnis memasarkan produknya secara,...
Dok.Qoala

Demi Keamanan dan Ketenangan, Penting Memiliki Asuransi Smartphone

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 17:00 WIB
Karena fungsinya yang serbaguna, smartphone merupakan salah satu barang yang sangat dijaga agar tetap...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya