Jumat 26 Februari 2021, 07:42 WIB

Model Tele-Health Ajak Pasien Lebih Efisien Berobat ke Dokter

Siswantini Suryandari | Teknologi
Model Tele-Health Ajak Pasien Lebih Efisien Berobat ke Dokter

Dok Screen Shoot Klikdokter
Klikdokter

DI tengah pandemi covid-19, seluruh sektor kehidupan beradaptasi. Mulai dari jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dengan sabun, sekolah virtual, pertemuan virtual hingga layanan kesehatan pun ikut menuju ke virtual. Konsultasi dokter kini bisa dilakukan secara virtual, untuk mengurangi tatap muka dengan dokter. Demikian juga dengan pembelian obat  juga bisa dilakukan secara online untuk mencegah kerumunan.

Salah satunya adalah layanan kesehatan secara online atau tele health KlikDokter. KlikDokter adalah perusahaan teknologi kesehatan yang merupakan hasil joint venture Kalbe Farma dengan PT Emtek. Bermula sebagai portal berita kesehatan yang artikelnya ditulis oleh dokter dan praktisi medis yang bercita-cita untuk memiliki media tersendiri sebagai sarana edukasi masyarakat, KlikDokter melakukan pergantian strategi pada tahun 2019 dan berfokus kepada teknologi kesehatan.

Head of Product KlikDokter, Bayu Surya Adi Saputra dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/2) mengatakan pandemi Covid-19 merupakan faktor pemercepat transformasi digital di industri layanan kesehatan dari konvensional menjadi digital. 

"Selain penyedia layanan, pasien sebagai penerima layanan pun menikmati manfaat dari transformasi digital. Salah satu keluhan terbesar, yakni antrean yang panjang nan memakan waktu lama, dapat dijawab dengan adanya layanan telekonsultasi atau konsultasi jarak jauh untuk pengecekan yang bersifat tidak mendesak," kata Bayu.

Maka lahirlah KlikDokter ini. Bayu menyebutkan bahwa KlikDokter memiliki lima pilar atau produk utama yakni artikel kesehatan, telekonsultasi, reservasi untuk konsultasi tatap muka, e-prescription atau resep elektronik, dan e-commerce. Pengguna dapat menggunakan fitur e-commerce di KlikDokter yang bekerja sama dengan Kalbe Store untuk memesan barang-barang seperti tes PCR, antigen, vitamin, suplemen, dan lainnya.

KlikDokter dibangun sepenuhnya di atas infrastruktur cloud AWS. Salah satu layanan yang ditawarkan KlikDokter adalah sistem manajemen klinik yang kini telah digunakan oleh lebih dari 300 klinik kecil hingga menengah di seluruh Indonesia, dan jumlahnya terus bertambah setiap bulannya. 

"Sekarang, pasien dapat mengecek antrean langsung di aplikasi KlikDokter, sehingga mereka tidak perlu lagi membuang waktu di ruang tunggu. Selain itu, pasien juga dapat menggunakan fitur e-prescription atau resep elektronik untuk melakukan penebusan obat lewat apotek tanpa perlu meninggalkan rumah," jelasnya.

Menurtnya fitur ini sangat cepat dan hanya memakan waktu paling lama 30-35 menit. Data pasien juga disimpan di dalam sistem catatan medis elektronik (eMR) agar rekam jejak medisnya dapat ditinjau oleh dokter yang bertanggung jawab. Dokter dapat memberikan perawatan dan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan pasien masing-masing, seperti alergi, riwayat penyakit, dan lain-lain. 

Layanan reservasi juga mencatatkan pertumbuhan yang tinggi selama pandemi kendati banyak orang memilih untuk melakukan telekonsultasi dan menghindari untuk pergi ke rumah sakit selama pandemi. Hal ini lantaran beberapa penyakit, seperti diabetes, memerlukan kontrol rutin oleh dokter secara tatap muka.

Bayu mengatakan bahwa tiga manfaat penggunaan AWS dapat dilihat dari segi kemudahan, reliabilitas, dan biaya. Dengan AWS Managed Services, KlikDokter tidak perlu bekerja 24 jam karena beberapa layanan dikelola secara otomatis oleh AWS, serta dapat beroperasi dengan tim yang lebih ramping. Dari segi reliabilitas, lonjakan pengguna sejak pandemi yang dialami oleh KlikDokter dapat ditangani tanpa terjadi downtime. 

"Terakhir, KlikDokter dapat menghemat biaya teknologi informasi karena perusahaan hanya perlu membayar untuk layanan cloud AWS sesuai penggunaan. Dengan kata lain, jika trafik sedang rendah dan penggunaan resources tidak banyak, biaya yang dikeluarkan KlikDokter pun menjadi lebih ringan," pungkasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

Ist

Tim Indonesia Menangi Kompetisi Global Wirausaha Sosial

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 13:23 WIB
Sebagai satu dari enam pemenang, Neurafarm menerima hadiah senilai 20.000 dolar Singapura dalam bentuk pendanaan awal untuk memulai atau...
Dok: SnackVideo

SnackVideo Investasikan Miliaran untuk SnackVideo Creator Academy

👤Retno Hemawati 🕔Senin 12 April 2021, 03:50 WIB
Program baru dari media sosial berbasis video pendek ini mendukung para pengguna untuk menggali dan menampilkan potensi diri melalui video...
ANTARA FOTO/Jojon

Polri Mulai Terapkan Perpanjangan SIM dengan Aplikasi Android

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 11 April 2021, 18:59 WIB
Polri akan segera merilis aplikasi pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang bernama Sinar (SIM Nasional...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya