Rabu 06 Januari 2021, 22:15 WIB

Bukalapak Catatkan Kenaikan Empat Juta Penjualan Pada 2020

Insi Nantika Jelita | Teknologi
Bukalapak Catatkan Kenaikan Empat Juta Penjualan Pada 2020

Antara/Aprilio Akbar
Aplikasi Bukalapak

 

DI tengah pandemi, membawa keuntungan tersendiri bagi penjualan Bukalapak yang mengalami peningkatan empat juta selama setahun. Dari sekitar sembilan juta pelapak di 2019 menjadi 13,5 juta di tahun lalu. 

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengungkapkan, strategi bisnis pihaknya akan fokus di marketplace, layanan digital dan penguatan mitra kerja di tahun ini. 

"Diharapkan bisa tumbuh sesuai perkembangan ekonomi digital sekitar 40-50 persen," ujarnya dalam Media Gathering Bukalapak secara virtual, Rabu (6/1).

Pada 2020, Bukalapak juga mencatat peningkatan EBITDA sebesar 80% dibandingkan di 2018. Serta peningkatan lebih dari 130% pada nilai transaksi selama 2020, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019.

""Pandemi covid-19 memberikan dampak yang hebat bagi perekonomian Indonesia, terutama dari sektor UMKM. Saya melihat masih banyak potensi yang bisa dijadikan peluang untuk dapat bangkit dari krisis tersebut. Ada 37% peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia selama pandemi dan di Bukalapak sendiri," jelas Rachmat. 

Baca juga : Memilih Aplikasi Belajar yang Mudah dan Menyenangkan

Dia menambahkan, untuk memperkuat operasional dan bisnis Bukalapak, ada tiga aspek yang menjadi fokus pihaknya. Seperti penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas, growth atau pertumbuhan, dan capital atau modal. 

VP of Marketplace Bukalapak Kurnia Rosyada juga menyebut, sepanjang 2020, tercatat adanya peningkatan transaksi di Bukamall sebesar 17% tiap bulannya

"Banyak masyarakat yang memanfaatkan platform digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa pandemik seperti saat ini," ucapnya.

Kurnia menyampaikan, mitra Bukalapak juga melakukan perluasan penyediaan produk grosir ke 28 provinsi di Indonesia melalui kerjasama dengan lebih dari 300 distributor lokal, yang jumlahnya dilaporkan meningkat sebanyak lebih dari 15 kali lipat sejak awal tahun 2020. (OL-7)

Baca Juga

Dok Samsung

Samsung Galaxy A03 Hadir dengan Kamera Maksimal, Performa Andal, dan Memori Besar

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:20 WIB
Galaxy A03 punya tiga fitur yang wajib dimiliki pengguna smartphone, yaitu kamera maksimal, prosesor andal, dan memori optimal dengan harga...
Ist

Logitech Jadikan Sync sebagai Perangkat Lunak Berbasis Cloud

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 24 Januari 2022, 16:56 WIB
Logitech menjadikan Sync sebagai perangkat lunak berbasis cloud yang memberikan pengalaman komprehensif yang memfasilitasi kegiatan bekerja...
Ist/ilustrasi/thinkstock

Doctor Migrant Hadirkan Layanan Kesehatan Pekerja Migran Indonesia

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 24 Januari 2022, 15:20 WIB
DoctorMigrant menghubungkan jutaan migran Indonesia di pelosok dunia dengan para dokter di Tanah Air agar dapat berkonsultasi dengan bahasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya